kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Saat PSBB, Ovo catat pembelian kopi panjangnya setara 8.000 lapangan bola


Senin, 11 Mei 2020 / 16:24 WIB
Saat PSBB, Ovo catat pembelian kopi panjangnya setara 8.000 lapangan bola
ILUSTRASI. Selama pandemi COVID-19, OVO menyaksikan perubahan perilaku masyarakat dan senantiasa menyediakan platform pembayaran yang mudah dan aman.


Reporter: Titis Nurdiana | Editor: Titis Nurdiana

KONTAN.CO.ID -JAKARTAOVO, platform pembayaran digital, rewards, dan layanan finansial  telah melakukan pengamatan atas perilaku pengguna Ovo selama periode satu bulan pertama Work From Home (WFH) yang secara serempak dilakukan di beberapa daerah di Indonesia. 

Selama pandemi Covid-19, gaya hidup masyarakat  berubah, mulai dari membeli makanan dan minuman, maupun transaksi kebutuhan sehari-hari. “Ada peningkatan dalam transaksi nontunai  dengan Ovo,”ujar Sinta Setyaningsih, Head of PR Ovo dari keterangan resmi yang didapat kontan.co.id, Senin (11/5). 

Menurut Ovo, selama kebijakan physical distancing dan WFH, masyarakat menjadi lebih banyak menghabiskan waktu untuk tetap terhubung dengan keluarga. “Ini terlihat dari jumlah paket data yang dibeli oleh pelanggan Ovo selama WFH dapat digunakan untuk video call selama lebih dari 30 juta jam,” ujarnya.

Pengguna Ovo juga cenderung memilih untuk membeli makanan dan minuman secara online dibandingkan harus keluar rumah untuk membelinya sendiri. Hal ini terlihat dari jumlah transaksi GrabFood yang  melonjak.

Kata Sinta, di tengah masa-masa yang penuh tantangan ini, penggunaan Ovo meningkat sejalan dengan imbauan untuk mengurangi penggunaan uang tunai untuk meminimalisir penyebaran virus Covid-19 lewat uang kartal.

Yang menarik dari data yang dimiliki Ovo, kebiasaan pengguna membeli kopi tetap tidak bisa lepas dari kehidupan masyarakat sehari-hari. Jika mereka berbaris dalam satu antrean sembari menerapkan physical distancing, “Antreannya setara panjangnya dengan 8.000 lapangan sepak bola,” ujar dia. Dengan begitu  seorang kasir harus menghabiskan 16.000 hari untuk menyelesaikan transaksi online.

Dalam periode ini, transaksi kebutuhan sehari-hari (groceries) juga meningkat, di mana total belanja groceries pengguna Ovo dapat memenuhi kebutuhan beras untuk seluruh masyarakat di Jawa Tengah.

Ovo juga  mencatat transaksi dari edukasi online mengalami peningkatan sebanyak tiga kali lipat. 

Ovo juga melihat adanya peningkatan transaksi top up saldo Ovo Cash yang  nilainya bisa membeli hand sanitizer untuk seluruh penduduk Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×