kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45949,73   8,09   0.86%
  • EMAS1.029.000 -0,10%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Sail Tidore Menjadi Kesempatan Indonesia Rebaranding Wisata Bahari di Mata Dunia


Rabu, 12 Oktober 2022 / 06:47 WIB
Sail Tidore Menjadi Kesempatan Indonesia Rebaranding Wisata Bahari di Mata Dunia
ILUSTRASI. Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan saat peluncuran Sail Tidore di Jakarta, Selasa, 11 Oktober 2022.


Reporter: Lailatul Anisah | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah akan menggelar Sail Tidore pada 24 - 29 November 2022. Sail Tidore merupakan Sail Indonesia ke-12, yakni kegiatan pelayaran internasional di perairan Indonesia yang mendatangkan para pelayar internasional sejak 2009.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, Sail Tidore 2022 merupakan kesempatan bagi Indonesia untuk rebaranding wisata bahari di mata dunia.

"Kita harus optimis sail tidore mampu berkontribusi untuk membantu proses pemulihan industri pariwisata dalam Negeri," jelas Menteri Luhut, di Jakarta, Selasa (11/10).

Baca Juga: Sandiaga Uno Optimistis Target Kunjungan Wisman 2022 Hingga 2,5 Juta Tercapai

Luhut menyampaikan pada tahun 2013 pariwisata bahari di dunia mampu memori dampak positif bagi devisa pariwisata nasional sebanyak 10 persen atau setara dengan US$ 1 miliar.

Untuk itu Sail Tidore harapanya juga bisa menjadi jembatan untuk Indonesia membangkitkan wisata bahari.

Luhut juga meminta kepada Kementerian dan lembaga maupun pemerintah daerah untuk bekerjasama mensukseskan perhelatan ini secara masksimal.

"Percepat dukungan infrastruktur, tingkatkan hunian akomodasi, libatkan UMKM lewat pameran, optimalkan dukungan CSR dan promosikan secara masif," jelas Luhut.

Luhut menambahkan, secara khusus untuk Kementerian Perdagangan dan pemerintahan daerah agar mempersiapkan tindak lanjut pasca event ini dengan manfaatkan potensi bahari Tidore sebagai jalur strategis nasional dan internasional agar mampu memberikan manfaat terhadap ekonomi lokal.

Baca Juga: Menparekraf Sandiaga Uno Tergetkan 50 Ribu Pengunjung ke Sail Tidore

"Kepada Gubernur dan walikota agar melanjutkan untuk merawat fasilitas fasilitas yang telah dibangun pemerintah pusat kita membangun dengan uang rakyat jangan dibiarkan rusak," tambah Luhut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×