Reporter: Whiwid Anjani | Editor: Handoyo .
KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Menyambut Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 KAI telah menyiapkan langkah strategis untuk memastikan kenyamanan dan keselamatan penumpang kereta api.
Vice President Public Relations KAI, Anne Purba mengatakan komitmen KAI untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan selama masa angkutan Nataru 2024/2025.
“Kami telah mengoptimalkan seluruh sumber daya untuk mendukung kelancaran dan keamananan perjalanan kereta api jelang angkutan Natal dan Tahun Baru. Pada aspek SDM seluruh petugas operasional, termasuk masinis dan asisten masinis telah siap menjalankan standar operasional prosedur,” ujar Anne pada keterangan tertulisnya, Jumat (29/11).
Dari segi fasilitas KAI telah melakukan persiapan secara maksimal, mencakup area stasiun, perjalanan di atas kereta, hingga flow penumpang keluar area stasiun.
Baca Juga: Pemerintah Pastikan Stok Bahan Pangan Jelang Nataru Aman
Lebih lanjut, Untuk meningkatkan keselamatan perjalanan kereta api selama periode Nataru, KAI menyiapkan petugas perawatan prasarana yang siap sedia 24 jam untuk mengawal perjalanan KA.
“Petugas prasarana ekstra akan dialokasikan untuk daerah dengan kebutuhan operasional tinggi, sebanyak 777 tenaga tambahan meliputi Penjaga Jalan Lintas (PJL), Petugas Pemeriksa Jalur (PPJ), dan Petugas Dapsus di area Jawa dan Sumatera,” tandas Anne
Di samping itu, KAI turut memastikan keandalan sarana dan prasarana dengan melakukan ramp check, “ramp check atau pemeriksaan kelayakan dan kesiapan lokomotif dilakukan untuk menjamin kereta api dalam kondisi prima,” kata Anne.
Selain itu, KAI juga melakukan peningkatan pengawasan dan pemeriksaan intensif di titik-titik potensi rawan bencana. Alat Material Untuk Siaga (AMUS) ditempatkan di lokasi strategis yang siap kapan saja diperlukan untuk digunakan ke semua lokasi demi mendukung kelancaran Nataru 2024/2025.
Baca Juga: Momen Nataru, Budi Gadai Proyeksi Pembiayaan Gadai Naik 10%-15%
“KAI berkolaborasi dengan aparat keamanan dan berkoordinasi dengan kewilayahan setempat untuk meningkatkan kemanan dan ketertiban (Kamtib) perjalanan kereta api. Kamtib terdiri dari Polsuska, security, serta berkolaborasi dengan TNI/Polri dari pihak eksternal,” tutur Anne.
KAI mengimbau pelanggan kereta api untuk memanfaatkan layanan informasi resmi dan tidak ragu meminta bantuan kepada petugas jika diperlukan.
"KAI berkomitmen memberikan pengalaman perjalanan yang aman, nyaman, dan menyenangkan bagi seluruh pelanggan kereta api," tutup Anne.
Selanjutnya: Memerah pada Jumat (29/11), Cek Harga Saham ADRO, GOTO, dan BBRI di Bursa Akhir Bulan
Menarik Dibaca: Promo JSM Hypermart 29 November-2 Desember 2024, Es Krim Aice Box Beli 1 Gratis 1
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News