kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Samindo Resources (MYOH) buka peluang bisnis di luar batubara


Selasa, 19 November 2019 / 15:56 WIB
Samindo Resources (MYOH) buka peluang bisnis di luar batubara
ILUSTRASI. PT Samindo Resources

Reporter: Dimas Andi | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sudah menjadi rahasia umum bahwa sumber energi batubara kelak akan habis dalam beberapa waktu mendatang. Pelan-pelan, PT Samindo Resources Tbk (MYOH) mulai menangkap peluang diversifikasi bisnis di luar tambang batubara.

Kepala Hubungan Investor MYOH Ahmad Zaki Natsir mengaku, sudah sekitar dua tahun yang lalu, pihaknya mulai mengkaji potensi bisnis selain batubara. Salah satunya dengan masuk ke bisnis pembangkit listrik.

Baca Juga: Samindo (MYOH) yakin kinerja keuangan akan membaik di sisa tahun ini

Ia menyebut, belakangan ini MYOH mulai mengikuti beberapa tender proyek Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU). Hanya saja, ia belum bisa membeberkan perkembangannya lebih rinci.

“Sebenarnya bisnis ini belum benar-benar jalan. Kami masih di tahap partisipasi ikut serta tender-tender kelistrikan yang diselenggarakan oleh pemerintah,” kata Zaki ketika dihubungi Kontan, Selasa (19/11).

Pada dasarnya, MYOH tetap melihat peluang di bisnis energi baru dan terbarukan (EBT) secara jangka panjang. Potensi bisnis EBT dinilai cukup besar mengingat tingkat persaingannya belum terlalu ketat.

Baca Juga: Samindo Reseources (MYOH) raih pendapatan US$ 188,90 juta

Selain itu, ada semacam intensif yang diberikan pemerintah kepada perusahaan yang bersedia masuk ke bisnis EBT.

Walau begitu, jikalau MYOH jadi menggarap bisnis EBT dalam waktu dekat, Zaki menilai ekspansi tersebut belum bisa sepenuhnya mengganti kontribusi bisnis jasa penambangan batubara yang selama ini dijalankan perusahaan.




TERBARU

Close [X]
×