kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45863,29   1,62   0.19%
  • EMAS1.361.000 -0,51%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Samudera Indonesia (SMDR) Realisasikan Penambahan 8 Armada hingga Mei 2024


Selasa, 11 Juni 2024 / 16:57 WIB
Samudera Indonesia (SMDR) Realisasikan Penambahan 8 Armada hingga Mei 2024
ILUSTRASI. Kapal chemical tanker PT Samudera Indonesia Tbk (SMDR)


Reporter: Vina Elvira | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Samudera Indonesia Tbk (SMDR) telah merealisasikan penambahan sebanyak delapan kapal hingga bulan Mei 2024. Manajemen SMDR menargetkan menambah secara total 12 armada kapal di tahun ini. 

Rincian dari ke-12 kapal tersebut yakni empat kapal petikemas dari China, dua kapal petikemas dari Jepang, dua kapal tug boat dari Semarang, dua kapal tongkang dari Madura, dan dua kapal tanker dijadwalkan diterima di Singapura. 

Head of Investor Relations Samudera Indonesia Sandhika Stamboel menyampaikan, terdapat delapan kapal yang diluncurkan Perusahaan hingga bulan Mei tahun ini, termasuk kapal peti kemas, kapal tanker gas, kapal tunda dan tongkang. 

Baca Juga: Pendapatan Lesu, Laba Bersih Samudera Indonesia (SMDR) Turun 62% Jadi US$ 10,15 Juta

Dia bilang, tidak menutup kemungkinan jumlah penambahan armada kapal tersebut dapat melebihi rencana awal. “Dengan mempertimbangkan peluang kapal yang ada di pasar serta posisi kas Perusahaan yang kuat,” ungkap Sandhika, kepada Kontan.co.id, belum lama ini.

Merujuk pemberitaan sebelumnya, Samudera Indonesia menyiapkan alokasi belanja modal atau capital expenditure (Capex) sebesar US$ 280 juta. Sebagian dari alokasi capex tersebut digunakan untuk penambahan armada di tahun ini. 

Sandhika tidak memerinci lebih detail sudah berapa persen serapan capex tersebut hingga kini. Ia hanya menyebut bahwa sebagian besar dari realisasi capex digunakan untuk pembelian kapal.

Baca Juga: Atlantis Subsea (ATLA) Optimistis Jasa Layanan Survei Migas Makin Diminati

Namun sayang, Manajemen SMDR juga enggan buka-bukaan terkait target pendapatan dan laba tahun 2024. “Akan tetapi, Perusahaan akan berusaha mencapai kinerja yang terbaik pada tahun 2024,” imbuhnya. 




TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×