kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45789,82   1,25   0.16%
  • EMAS1.007.000 -0,40%
  • RD.SAHAM 0.17%
  • RD.CAMPURAN 0.10%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sandiaga Uno: Pebisnis perlu model baru


Sabtu, 25 Juli 2020 / 12:08 WIB
Sandiaga Uno: Pebisnis perlu model baru
ILUSTRASI. Pengembangan usaha menjadi salah satu kunci di tengah krisis akibat pandemi corona.

Reporter: Abdul Basith Bardan | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Di tengah krisis akibat pandemi virus corona (Covid-19) pengembangan usaha menjadi salah satu kunci. Pengusaha Sandiaga Uno mendorong dunia usaha masuk dalam mode bertahan (survival mode) agar dapat melewati masa krisis.

Meski begitu, inovasi dibutuhkan agar bisnis dapat berkembang terutama bagi usaha kecil menengah (UKM) dan rintisan (startup). "Pebisnis harus reinvent pengetahuan bisnis mereka untuk memunculkan model bisnis yang baru," ujar mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu dalam siaran pers, Sabtu (25/7).

Krisis dinilai memiliki peluang dalam menciptakan pemenang di samping berbagai kekalahan. Mencari peluang untuk lolos dari krisis menjadi modal utama.

Baca Juga: Food estate, kolaborasi Jokowi - Prabowo wujudkan kedaulatan RI di bidang pangan

Sandiaga yang sebelumnya sempat mencalonkan diri menjadi ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) itu mendorong agar UKM dan startup masuk dalam sektor kesehatan dan digital. Hal itu bisa dikembangkan dari usaha yang telah ada.

"Zaman sekarang data dan tren bisnis bisa kita dapatkan dengan mudah. Kita tinggal mengamati, meniru, dan memodifikasi tren yang ada sehingga kita memiliki model bisnis baru," terang Sandiaga.

Sandiaga mengungkapkan kondisi pandemi memang membuat kebingungan pelaku usaha. Pasalnya perubahan perilaku konsumen menjadi perhatian untuk menyesuaikan bisnis.

Namun, saat ini terlihat sejumlah sektor yang memiliki peluang ke depan. Antara lain kesehatan, teleconferencing, course terbuka, bioteknologi, legal, dan clear energy.

Baca Juga: SRTG tebar dividen Rp149,21 miliar, berapa jatah Sandiaga Uno dan Edwin Soeryadjaya?

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×