kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Schneider Electric 50 Tahun di Indonesia, Target Keberlanjutan Energi dan Nol Emisi


Jumat, 07 April 2023 / 10:24 WIB
Schneider Electric 50 Tahun di Indonesia, Target Keberlanjutan Energi dan Nol Emisi
ILUSTRASI. Schneider Electric mengumumkan empat perusahaan yang meraih penghargaan Schneider Electric Sustainability Impact Award 2022


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Schneider Electric Indonesia, anak perusahaan dari Schneider Electric, memperingati 50 tahun kiprahnya beroperasi di Indonesia. Schneider Electric menetapkan sejumlah target dan inisiatif untuk mendukung pencapaian nol emisi di Indonesia pada tahun 2060.

Cluster President Indonesia and Timor Leste, Roberto Rossi, mengungkapkan Schneider Electric telah memberikan solusi energi berkelanjutan sejak tahun 1973.

Sekaligus menunjukkan komitmen terhadap manajemen energi dan otomatisasi di Indonesia untuk masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan.

"Mempertegas komitmen mendukung pemerintah Indonesia, kami tidak dapat berjalan sendiri untuk menjadi enabler. Kolaborasi dilakukan secara lintas sektor, termasuk pemerintah, mitra kerja, pelanggan lokal dengan solusi dan layanan digital, serta berbagai perusahaan Net-Zero di sepanjang rantai usaha,” ujar Roberto dalam rilis, Rabu (5/4).

Baca Juga: Schneider Gandeng 4 Perusahaan Indonesia untuk Program Adaptasi Perubahan Iklim

Selama 50 tahun terakhir, Schneider Electric berkembang secara signifikan di pasar energi Indonesia. Schneider Electric menjadi mitra baik untuk segmen bisnis maupun konsumen.

Untuk menandai pencapaian setengah abad ini, Schneider Electric Indonesia mencanangkan Green Heroes for Life (GHFL).

Program tersebut mengajak partisipasi seluruh pihak untuk dalam memerangi perubahan iklim dan mencapai keberlanjutan di Indonesia.

Schneider Electric juga telah memberikan penghargaan Sustainability Impact Award 2022 kepada para mitranya di Indonesia.

Penghargaan diberikan kepada empat perusahaan mitra sebagai apresiasi dan pengakuan peran penting dalam mewujudkan kelistrikan yang lebih resilien dan berkelanjutan.

Dua diantaranya mewakili Indonesia di tingkat Asia Timur dalam ajang Schneider Electric Global Sustainability Impact Award.

Global Chief Strategy and Sustainability Officer Schneider Electric, Gwenaelle Avice-Huet, pada akhir Maret lalu telah mengunjungi dua fasilitas utama di Indonesia.

Yakni Center of Excellence of Electricity, Automation, and Renewable Energy (CoE EARE) di Cimahi - Bandung serta Fasilitas Cikarang Smart Factory.

Kunjungan ini menandakan dukungan global Schneider Electric untuk Indonesia sebagai kunci produksi dan pusat layanan untuk kawasan Asia Tenggara.

CoE EARE juga menjadi fasilitas yang menyediakan pelatihan dan penelitian tingkat lanjut di bidang energi terbarukan, otomasi, dan kelistrikan.

Baca Juga: Schneider Electric Raih 2 Award Diversity, Equity & Inclusion, Great Place to Work

Per 27 Desember 2022, CoE telah melakukan pelatihan terhadap 24.800 siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), peningkatan kualitas atas 144 institusi SMK di seluruh Indonesia, 277 tenaga guru terlatih, 125 Teknisi terlatih, dan 94 tenaga guru terdampak, yang mencakup 24 regional CoE.

Sebagai bagian dari aksi Environment, Social, and Governance (ESG), pabrik Schneider Electric Cikarang telah menerapkan digitalisasi dan keberlanjutan yang berorientasi pada pencapaian emisi nol bersih.

Pabrik ini juga telah menerapkan energi terbarukan dengan pembangkit listrik tenaga surya yang menghasilkan hingga 228 MWh per tahun.

Estimasi dari langkah tersebut bisa mengurangi emisi karbon hingga 181 ton CO2 per tahun atau setara dengan penanaman 900 pohon per tahun. Lebih dari 20% konsumsi energi bulanan dihasilkan dari tenaga surya dan ditargetkan menggunakan 100% energi terbarukan pada tahun 2025.

Cikarang Smart Factory sekaligus menjadi contoh yang mengajak para pelaku industri lainnya untuk bergabung dengan program GHFL. Indonesia menjadi bagian negara percontohan kampanye GHFL bersama Vietnam dan Thailand.

Sebagai rangkaian program GHFL sekaligus merayakan perjalanan yang ke-50, Schneider Electric Indonesia mengajak para pelanggan, mitra, dan komunitas untuk berpartisipasi dalam program giveaway dan kompetisi menggambar.

Para peserta dapat membagikan kisahnya di media sosial, bersama dengan foto, dan kisah-kisah inspiratif. Peserta didorong untuk membuat serta mengirimkan gambar kreatif yang menginterpretasikan makna menjadi Green Heroes for Life.

Batas waktu pendaftaran hingga 30 April 2023, dengan mengunjungi instagram resmi Schneider Electric Indonesia untuk informasi lebih lanjut.

"Melalui beragam inisiatif ini kami berharap dapat menginspirasi seluruh pihak, termasuk masyarakat untuk menjadi bagian dari Green Heroes for Life," tandas Roberto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×