kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,29   2,96   0.33%
  • EMAS1.310.000 -0,23%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sebanyak 4.161 paket konverter kit telah dibagikan kepada nelayan di Sulsel


Rabu, 31 Oktober 2018 / 16:26 WIB
Sebanyak 4.161 paket konverter kit telah dibagikan kepada nelayan di Sulsel
ILUSTRASI. NELAYAN GUNAKAN BAHAN BAKAR GAS


Reporter: Febrina Ratna Iskana | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - SELAYAR. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bersama PT Pertamina (Persero) kembali menyalurkan hibah konverter kit gratis untuk nelayan di wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel) . Kali ini, sebanyak 1.261 paket konverter kit dibagikan kepada nelayan di Selayar.

Total paket konverter kit yang sudah dibagikan kepada nelayan di Sulsel sebanyak 4.161 paket. Paket tersebut dibagikan kepada nelayan di Selayar sebanyak 1.261 paket, nelayan di Takalar sebanyak 953, nelayan di Jeneponto 1.000 paket, dan nelayan di Bone 947 konverter kit.

Prmerintah sendri telah Untuk mengalokasikan paket konverter kit bagi nelayan Sulsel sepanjang tahun 2018 sebanyak 5.314 yang diperuntukan bagi nelagan di wilayah Bone, Bulukumba, Jeneponto, Selayar, Sinjai, Takalar dan Wajo.

Direktur Teknik dan Lingkungan Migas, Adhi Wibowo mengatakan pemerintah pusat dab oemeirntah daerah telah berkordinasinagar paket konverter kit bisa diterima kepada nelayan yang sesuai dengan kriteria pemeirntah.

“Suksesnya program ini bukan hanya tugas Pemerintah Pusat saja. Juga ada andil Pemerintah Daerah, dengan cara menyeleksi data nelayan untuk diusulkan kepada Ditjen Migas," ungkap Adhi dalam siaran persnya, Rabu (31/10).

Sesuai Perpres No.126 Tahun 2015 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Penetapan Harga LPG untuk Kapal Perikanan bagi Nelayan Kecil, kriteria nelayan yang mendapatkan paket konverter kit BBM ke BBG antara lain nelayan yang memiliki kapal ukuran di bawah 5 Gross Tonnage (GT), berbahan bakar bensin atau solar dan memiliki daya mesin di bawah 13 Horse Power (HP).

Sementara itu, General Manager Pertamina Marketing Operation Region (MOR) VII Sulawesi, Tengku Fernanda menyatakan, pihaknya menyiapkan dua agen dan delapan pangkalan untuk menyuplai kebutuhan elpiji 3 kg nelayan di Selayar. "Kebutuhan elpiji 3 kg bagi nelayan Selayar diestimasi sebanyak lebih dari 10.000 tabung per bulan," ujar Tengku.

Pertamina sendiri menyatakan berkomitmen untuk mensukseskan program konversi ini. Dengan adabya konverter kit, para nelatan bisa melakukan penghematan biaya bahan bakar sehingga diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi nelayan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×