kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.910.000   -13.000   -0,68%
  • USD/IDR 16.230   -112,00   -0,69%
  • IDX 7.214   47,18   0,66%
  • KOMPAS100 1.053   7,20   0,69%
  • LQ45 817   1,53   0,19%
  • ISSI 226   1,45   0,65%
  • IDX30 427   0,84   0,20%
  • IDXHIDIV20 504   -0,63   -0,12%
  • IDX80 118   0,18   0,16%
  • IDXV30 119   -0,23   -0,19%
  • IDXQ30 139   -0,27   -0,20%

Sejak adanya pandemi Covid-19, tren belanja online naik signifikan


Jumat, 15 Mei 2020 / 22:10 WIB
Sejak adanya pandemi Covid-19, tren belanja online naik signifikan
ILUSTRASI. Blibli resmikan toko offline pertamanya bernama BlibliMart yang berkonsep cashierless dan cashless di Gedung Sarana Jaya, Jakarta Pusat, Selasa (28/1)


Reporter: Annisa Fadila | Editor: Handoyo

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pandemi covid-19 yang masih mewabah membuat transaksi online mengalami lonjakan. Pasalnya, himbauan pemerintah untuk melakukan segala aktivitas dari rumah dapat membantu mengurangi penyebaran virus corona. Blibli sebagai salah satu e-commerce mengaku sejak adanya pandemi terdapat beberapa kategori yang melonjak.

Executive Vice President of Consumer Electronic Category Blibli Wisnu Iskandar mengatakan, terdapat empat produk yang diincar oleh pengguna. Keempat itu adalah kategori computer dan laptop, elektronik, home & living hingga handphone beserta tablet.

Baca Juga: Dirjen WTO Roberto Azevedo Umumkan Mundur dari Jabatan Akhir Agustus

“Blibli mencatat pertumbuhan kategori komputer & laptop khususnya accecories, printer hingga peralatan gaming mengalami tercatat sebagai 3 produk dengan pertumbuhan tertinggi. Pertumbuhan itu mencapai 2 kali lipat jika dibandingkan sebelum adanya pandemi.” Ujar Wisnu dalam keterangan tertulis Jum’at, (15/5).

Sementara itu, 3 produk elektronik yang banyak diminati ialah microwave, air purifier serta produk kelengkapan dapur. Tercatat, produk tersebut mengalami kenaikan 3 kali lipat sejak adanya himbauan Work From Home (WFH).

Baca Juga: Meski pandemi, Kemenperin optimistis tingkatkan produksi manufaktur Indonesia

Sedangkan kategori home & living mencatat pertumbuhan 4 kali lipat yang di dominasi oleh perlengkapan keluarga, dapur juga peralatan taman dan aktivitas outdoor. “Untuk kategori handphone dan tablet, selama pandemi terdapat 3 produk yang banyak dicari. Ketiganya adalah wearables, tablet dan accecories handphone. Adapun pertumbuhan transaksi mencapai 3 kali lipat jika dibandingkan sebelum adanya pandemi,”

“Disaat bersamaan Blibli melihat tren pertumbuhan positif terkait perubahan perilaku konsumen dalam berbelanja yang mulai terbiasa online. Oleh karena itu, Blibli memaksimalkan layanannya untuk meningkatkan kenyamanan pengguna melalui gratis ongkos kirim dan kemudahan dalam melakukan pembayaran,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
AYDA dan Penerapannya, Ketika Debitor Dinyatakan Pailit berdasarkan UU. Kepailitan No.37/2004 Digital Marketing for Business Growth 2025 : Menguasai AI dan Automation dalam Digital Marketing

[X]
×