CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.012,04   -6,29   -0.62%
  • EMAS990.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.27%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.09%

Selama social distancing, penjual di platform Blibli meningkat 90% secara tahunan


Kamis, 23 April 2020 / 22:17 WIB
Selama social distancing, penjual di platform Blibli meningkat 90% secara tahunan
ILUSTRASI. Blibli.com menyebut tren pertumbuhan kuartal I 2020 meningkat dibandingkan dengan periode yang sama 2019.


Reporter: Amalia Fitri | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Blibli.com menyebut tren pertumbuhan kuartal I 2020 meningkat dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2019. Pada April ini, Blibli mencatat adanya peningkatan jumlah penjual (seller) sekitar 90%.

Yolanda Nainggolan, VP Public Relation Blibli.com menjabarkan, pada Maret sampai April atau selama masa social distancing diberlakukan, pertumbuhan transaksi tertinggi terjadi di tiga kategori, yakni kategori Bliblimart, kategori Galeri Indonesia yang menyediakan produk-produk UMKM Indonesia, serta kategori Kesehatan dan Kecantikan.

"Untuk produk kebutuhan sehari-hari, bertumbuh 3 kali lipat pada kuartal I tahun ini, lalu produk-produk UMKM Indonesia tumbuh sebanyak 6 kali lipat, dan produk-produk kesehatan dan kebersihan juga tumbuh sebanyak 3 kali lipat dibandingkan tahun lalu," ujarnya kepada Kontan.co.id, Kamis (23/4).

Baca Juga: Berdasarkan jumlah pengunjung, Tokopedia kini lengser dari peringkat pertama

Lebih detail, pada kategori BlibliMart, produk-produk perlengkapan rumah tangga (groceries), juga produk frozen food (makanan beku), dan makanan segar telah didukung dengan fitur Pick Delivery Time di mana pelanggan bisa mengatur waktu produk-produk BlibliMart akan tiba di destinasi pengantaran.

Yolanda menambahkan, per Januari 2020, pihaknya mencatat trafik lebih dari 60 juta setiap bulannya. Kenaikan trafik ini didorong oleh bertambahnya produk, penjual (seller), dan brand di platform Blibli. Sementara pada Januari 2020, Blibli.com menghadirkan lebih dari 12 juta produk dari 100.000 mitra penjual, serta 50.000 merek (brands).

Sedangkan berdasarkan data internal Blibli, pihaknya telah memiliki dari lebih dari 22 juta member teregistrasi, serta pertumbuhan traffic sebanyak 1.400 kali selama periode 2011 hingga 2019.

Baca Juga: Tak usah repot membuat hand sanitizer sendiri, simak promo di Tokopedia dan Blibli

Lebih lanjut, Yolanda menolak mengomentari dan merespons data yang dikeluarkan oleh iPrice Group mengenai Peta E-Commerce Indonesia. Dirinya berkata, saat ini terus fokus melakukan inovasi penambahan variasi produknya.

"Kami tidak merespons data dari pihak eksternal. Namun kami terus melakukan sejumlah inovasi dan penambahan variasi produk atau kategori produk sehingga Blibli menjadi one-stop solution bagi pelanggan," lanjutnya.

Merujuk data Peta E-Commerce Indonesia yang dikumpulkan iPrice Group, Blibli menepati peringkat kelima, e-commerce dengan pengunjung bulanan tertinggi mencapai 26,86 juta pengunjung bulanan di Indonesia pada kuartal IV 2019.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×