kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.315.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Selamat Sempurna (SMSM) Klaim Kinerja Penjualannya Tahun 2023 Masih Sesuai Target


Selasa, 19 Desember 2023 / 06:40 WIB
Selamat Sempurna (SMSM) Klaim Kinerja Penjualannya Tahun 2023 Masih Sesuai Target
ILUSTRASI. Filter oli SAKURA produksi PT Selamat Sempurna Tbk (SMSM).


Reporter: Vina Elvira | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten komponen otomotif, PT Selamat Sempurna Tbk (SMSM) terus mengupayakan pertumbuhan kinerja di sepanjang tahun ini. 

Proyeksi penjualan SMSM hingga akhir tahun 2023 dinilai masih sejalan dengan target yang telah ditetapkan sebelumnya. 

“Proyeksi penjualan SMSM hingga akhir 2023 masih cukup baik, sejalan dengan target dan tren pertumbuhan masih berlanjut, walaupun tidak sebesar dua tahun terakhir,” ungkap Chief Financial Officer SMSM Ang Andri Pribadi, kepada Kontan.co.id, Senin (18/12). 

Baca Juga: Selamat Sempurna (SMSM) Targetkan Laba Bersih Tumbuh 10% Tahun 2023

Apabila merujuk catatan KONTAN, Selamat Sempurna mengincar pertumbuhan yang konservatif di tahun ini. SMSM menargetkan pertumbuhan pendapatan naik 5% dan laba bersih naik 10% dibandingkan tahun sebelumnya. 

Sebagai pengingat, penjualan neto SMSM tercatat sebesar Rp 3,76 triliun per September 2023. Angka ini meningkat 3,13% year on year (YoY) dibandingkan Rp 3,64 triliun pada posisi yang sama tahun sebelumnya. 

Penjualan SMSM masih didominasi oleh penjualan luar negeri yang mencapai Rp 2,24 triliun. Sedangkan untuk penjualan dalam negeri porsinya sebesar Rp 1,51 triliun. 

 

Ang menyatakan, pertumbuhan penjualan SMSM di tahun ini didorong oleh meningkatnya permintaan seiring dengan semakin tingginya mobilitas maupun aktivitas masyarakat. 

Baca Juga: Selamat Sempurna (SMSM) Masih Fokus Garap Pasar Ekspor

Di sisi lain, pertumbuhan ekonomi dan proyek-proyek pembangunan maupun konstruksi menjadi faktor lainnya yang turut mendorong penjualan perseroan hingga periode September lalu. 

“Mengingat SMSM lebih berfokus pada pasar aftermakket/replacement dan juga heavyduty application, karenanya pertumbuhan penjualan mobil tidak berdampak langsung pada peningkatan kinerja SMSM,” jelasnya. 

Selamat Sempurna menyiapkan alokasi belanja modal atau capital expenditure (Capex) sebesar Rp 150 miliar di tahun ini. Pihaknya memproyeksikan serapan capex akan mendekati nilai yang telah dianggarkan. 

Adapun, dana capex di tahun ini di antaranya digunakan untuk maintenance capex rutin, peremajaan mesin sampai dengan otomatisasi.

Baca Juga: Selamat Sempurna (SMSM) Kantongi Dividen dari Tiga Anak Usaha

Hingga akhir September 2023, SMSM mengantongi laba periode berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar Rp 694,83 miliar. Sedangkan pada posisi yang sama tahun lalu, laba bersih SMSM tercatat senilai Rp 639,07 miliar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet Using Psychology-Based Sales Tactic to Increase Omzet

[X]
×