kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.310.000 -1,13%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sepanjang Tahun Ini, Avia Avian (AVIA) Targetkan Penjualan Tumbuh hingga 10%


Sabtu, 13 April 2024 / 20:00 WIB
Sepanjang Tahun Ini, Avia Avian (AVIA) Targetkan Penjualan Tumbuh hingga 10%
ILUSTRASI. Penjualan produk cat PT Avia Avian (Avian Brands) di supermarket bahan bangunan, Bekasi, Jawa Barat. KONTAN/Cheppy A. Muchlis


Reporter: Vina Elvira | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten cat dari Tancorp Group, PT Avia Avian Tbk (AVIA) mengincar pertumbuhan penjualan 6%-10% di sepanjang tahun 2024. Untuk mencapainya, Manajemen Avia Avian telah menyiapkan beberapa rencana strategis. 

Head of Investor Relations AVIA Andreas Timothy Hadikrisno menyampaikan, realisasi bisnis di awal tahun 2024 masih sesuai dengan prediksi perusahaan. Di mana, terjadi peningkatan penjualan sekitar 6% selama periode Januari-Februari 2024 dibandingkan posisi yang sama tahun lalu. 

Menurut Andreas, salah satu pendukung pertumbuhan kinerja di kuartal I-2024 adalah kenaikan permintaan cat menjelang Ramadan. Namun, kondisi ini akan berangsur normal ketika memasuki bulan April lantaran sudah memasuki masa libur panjang, 

“Kuartal I-2024 ada impact dari Ramadan, tapi di April drop lagi, karena memang biasa orang-orang mencat (renovasi rumah) di awal Ramadan. Ada kenaikan penjualan sedikit,” ungkap Andreas beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Laba Bersih Jasuindo Tiga Perkasa (JTPE) Melesat 57% Jadi Rp 226 Miliar di Tahun 2023

Sebagai strategi pertumbuhan di tahun ini, AVIA akan tetap agresif meluncurkan produk-produk baru yang belum ada di market, khususnya berfokus ke produk cat dinding. Selain itu, kegiatan sales dan marketing juga akan lebih dimasifkan lagi demi meningkatkan branding Brand Avian. 

Terkait peluncuran produk baru, pada tahun 2023, AVIA telah meluncurkan 5 produk cat ekonomis. Sehingga secara total, AVIA kini memiliki 6 produk ekonomis, ditambah 1 produk yang sudah dirilis lebih dulu pada akhir tahun 2022. 

Andreas menyebutkan, dengan dirilisnya produk cat ekonomis pada kuartal III-IV-2023 telah memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap penjualan AVIA di tahun lalu. 

Dengan demikian, untuk tahun ini, AVIA tidak lagi fokus pada produk ekonomis, melainkan akan menyasar market-market baru. 

“Di 2023 itu sebagian besar munculnya (produk ekonomis) di kuartal ketiga dan kuartal keempat. Di kuartal keempat growth volume 13,3%,” imbuhnya. 

Pada tahun ini, AVIA juga akan menambah armada distribusi sepeda motor roda tiga untuk pengiriman ekspres. Andreas bilang, kini AVIA lebih berfokus meningkatkan jumlah sepeda motor roda tiga agar bisa lebih menjangkau area yang lebih luas lagi. 

Baca Juga: Arsy Buana Travelindo (HAJJ) Cetak Laba Melonjak 94% di Tahun 2023

Sedangkan untuk armada truk justru jumlahnya akan dikurangi seiring dengan selesainya usia produktif kendaraan. 

Di tahun lalu, AVIA tercatat memiliki dan mengoperasikan 587 truk dan 43 roda-tiga (express delivery) yang mampu melakukan 10,000 pengiriman per hari.




TERBARU

[X]
×