kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45907,02   3,68   0.41%
  • EMAS1.310.000 -0,23%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sepekan mendekati Ramadhan, pasokan ikan aman


Minggu, 22 Juni 2014 / 17:14 WIB
Sepekan mendekati Ramadhan, pasokan ikan aman
ILUSTRASI. Film Whispering Corridors: The Humming, salah satu film horor Korea dengan cerita seram mencekam yang tayang di tahun 2021.


Reporter: Handoyo | Editor: Yudho Winarto

JAKARTA. Mendekati ramadhan, pasokan produk ikan di beberapa kota aman. Menurut data Kementerian Kelaudan dan Perikanan (KKP), usaha budidaya di waduk Jawa Barat seperti Waduk Jatiluhur, Waduk Cirata dan Waduk Saguling dapat memasok sekitar 300 ton lebih per hari ke pasar-pasar di Jakarta dan Jawa Barat serta sebagian Banten.

Demikian juga usaha budidaya ikan di kolam seperti Lele di Jawa Tengah dapat memasok sekitar 50 ton lele per hari ke Jakarta dan sekitarnya. Jawa Tengah juga dapat memasok sekitar 20 ton per hari ikan gurami ke Jakarta.

"Dengan kebutuhan Jakarta sekitar 155 ton ikan di luar hari-hari besar dan sekitar 185 ton di bulan Ramadhan dan lebaran, pasokan ikan cukup aman, tidak perlu dikhawatirkan," kata Saut Hutagalung Dirjen Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan (P2HP) KKP, akhir pekan lalu.

Sementara itu, di sentra tujuan wisata seperti Bali juga mendapatkan cukup pasokan ikan dari luar Bali. Banyuwangi Jawa Timur (Jatim) misalnya dapat memasok 10 ton-12 ton Lele per hari ke Bali ditambah produksi ikan Lele dari Bali sekitar 4 ton per hari.

Produksi udang dari Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Jatim juga 1-2 bulan ke depan lebih dari cukup untuk memenuhi permintaan masyarakat di Bali. Ikan kaleng juga cukup tersedia dengan sentra pengalengan di Negara dan dan Banyuwangi.

Menurut Saut, yang perlu diantisipasi adalah kelancaran jasa transportasi. Khususnya, ikan air tawar baik dari waduk dan kolam yang masuk ke Jakarta sangat dipengaruhi transportasi darat harian.

Hal yang sama juga dari wilayah Banyumas Jateng ke Jabodetabek dan Banyuwangi ke Bali tergantung pada transportasi darat. Daerah lain seperti Makassar, Pontianak, Palembang, Padang, Lampung, selain mendapatkan pasokan dari laut juga cukup banyak dari usaha budidaya.

Pasar ritel modern seperti Hypermart, Lotte, Giant, Superindo juga terlihat meningkatkan stok ikan dan hasil perikanan khususnya ikan hidup terpajang di akuarium/penampungan ikan hidup seperti kerapu, Lele, patin, nila, mas, gurami, udang, kepiting. Khusus ikan laut yang permintaannya naik antara lain tenggiri, cumi, makerel, kakap merah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×