kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Serapan Capex Tersendat, Pembangunan Pabrik ke-3 Avia AvianTerhambat Perizinan


Senin, 12 September 2022 / 16:23 WIB
Serapan Capex Tersendat, Pembangunan Pabrik ke-3 Avia AvianTerhambat Perizinan
ILUSTRASI. Aktivitas riset dan pengembangan untuk?produk cat PT Avia Avian?Tbk.


Reporter: Vina Elvira | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. PT Avia Avian Tbk (AVIA) tengah melanjutkan rencana pembangunan pabrik ketiga mereka yang berlokasi di Cirebon, Jawa Barat. Perusahaan sendiri menyiapkan alokasi belanja modal atau capital expenditure (Capex) sebesar Rp 120 miliar-Rp 130 miliar di tahun ini untuk pembangunan pabrik ketiga.

Direktur Keuangan PT Avia Avian Tbk Kurnia Hadi memperkirakan serapan capex untuk pembangunan pabrik ketiga tersebut hanya akan mencapai 50% dari total budget yang dianggarkan tahun ini.

Hal itu terjadi lantaran ada beberapa kendala yang dihadapi perseroan, salah satunya berkaitan dengan perizinan pembangunan pabrik. 

"Tapi karena ada beberapa keterlambatan di izin dan sebagainya, sampai akhir tahun penyerapan capex untuk ekspansi kami tadi hanya maksimum 50% dari yang kami budget-kan di awal," ungkap Kurnia, dalam Paparan Publik Virtual, Senin (12/9). 

Baca Juga: Percepat Pertumbuhan Penjualan, Avia Avian (AVIA) Perkuat Jaringan Pusat Distribusi

Meski begitu, dalam pemaparannya disebutkan bahwa pihaknya akan tetap berupaya menyelesaikan sejumlah perizinan pembangunan pabrik baru tersebut di semester kedua ini. Sehingga target penyelesaian pabrik baru pada tahun 2025 mendatang dapat tercapai sesuai rencana. 

 

Untuk diketahui, pabrik ketiga AVIA berdiri di lahan seluas 11 hektar. Pada tahun pertama pengoperasian, pabrik ini akan memiliki kapasitas terpasang sebesar 100.000 MT per tahun. Secara bertahap nantinya kapasitas produksinya akan bertambah hingga mencapai 200.000 MT per tahun di tiga tahun berikutnya. 

"Dengan membangun pabrik ketiga kami akan memberikan tambahan kapasitas produksi yang besar selaras dengan estimasi pertumbuhan Avian Brands," ujar Wakil Direktur Utama PT Avia Avian Tbk Ruslan Tanoko. 

Sekedar informasi, sampai saat ini AVIA telah mengoperasikan dua pabrik dengan tingkat utilisasi produksi yang telah mencapai 72% per tahun 2021 lalu. 

Baca Juga: Analis Rekomendasi Buy untuk Saham Avia Avian (AVIA), Ini Pertimbangannya

Kurnia melanjutkan, selain capex untuk ekspansi pabrik baru, AVIA juga memiliki anggaran belanja modal rutin sekitar Rp 140 miliar atau 2% dari total penjualan. 




TERBARU

[X]
×