Reporter: Dimas Andi | Editor: Herlina Kartika Dewi
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Sharp Electronic Indonesia meluncurkan produk smartphone flagship teranyar yakni Sharp Aquos R9 pada akhir tahun 2024.
Kehadiran Aquos R9 menjadi sinyal bahwa Sharp berambisi lebih eksis di pasar smartphone Indonesia.
Aquos R9 merupakan smartphone yang diimpor langsung dari Jepang. Harga smartphone ini dibanderol Rp 9.999.000 serta hadir dalam dua pilihan warna elegan yakni hijau dan putih.
Sebagai informasi, Aquos R9 dibekali oleh prosesor Snapdragon 7+ Gen 3 terbaru yang dipadukan dengan RAM 12 gigabyte (GB) atau 1,5 kali lebih besar ketimbang model sebelumnya yakni Aquos R8.
Baca Juga: Sharp Merilis Rangkaian Produk Audio dengan Kualitas Premium
Dengan kapasitas RAM yang besar, pengguna dapat menjalankan berbagai aplikasi sekaligus seperti bermain gim grafis tinggi, menonton video, atau kegiatan multitasking tanpa gangguan.
Sharp juga berkolaborasi dengan Leica Camera AG, produsen kamera legendaris asal Jerman, untuk pengembangan fitur kamera pada Aquos R9. Smartphone ini memiliki kamera belakang dan depan sama-sama 50,3 megapixel (MP) yang mampu menghasilkan gambar tajam, jernih, dan penuh detail, bahkan kondisi pencahayaan rendah.
Aquos R9 juga memiliki teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligent (AI) yang tersemat pada fitur shadow remover. Fitur ini memungkinkan pengguna Aquos R9 untuk mengurangi atau bahkan menghapus bayangan pada foto hasil jepretan kamera smartphone tersebut.
Lebih jauh, Aquos R9 memiliki dua speaker stereo Dolby Atmos yang ditempatkan di bagian atas dan bawah perangkat untuk menghasilkan suara yang kuat, jelas, dan bertenaga.
Ardy Dwi Kurniawan, Smartphone Product Strategy Head Division Sharp Electronic Indonesia mengatakan, Indonesia mendapat kuota penjualan Aquos R9 sebanyak 1.000 unit. Angka ini masih bisa berubah tergantung pada permintaan yang ada. Selain di Indonesia, Aquos R9 juga diekspor Sharp dari Jepang ke Singapura dan Taiwan.
“Dengan kuota sebesar itu, kami rasa harga Aquos R9 sudah termasuk kompetitif di segmen smartphone flagship,” kata dia dalam konferensi pers, Rabu (11/12).
Dia menambahkan, saat ini Sharp memang sedang membangun image merek tersebut di pasar smartphone. Maklum, kendati menjadi pemimpin pasar elektronik dan sudah punya nama besar di Indonesia, Sharp mengakui bahwa bisnis smartphone adalah dunia yang berbeda bagi merek asal Jepang tersebut.
Baca Juga: Barang Impor China Merajalela, Pasar Elektronik Indonesia Alami Kontraksi
Di Indonesia, sudah banyak merek global yang menjadi pemimpin pasar smartphone Tanah Air dan punya popularitas tinggi di kalangan konsumen. Hal ini yang belum dicapai oleh Sharp, meski mereka sebenarnya sudah menguasai pasar smartphone android di negeri asalnya, Jepang.
“Kami mulai merangkak membangun image brand Sharp di pasar smartphone,” imbuh Ardy.
Dalam kesempatan yang sama, National Sales Senior General Manager Sharp Electronics Indonesia Andry Adi Utomo mengatakan, tahun ini Sharp cukup agresif ekspansi ke bisnis smartphone. Sebelum Aquos R9 dirilis, Sharp telah memperkenalkan Aquos R8 pada awal 2024.
Inovasi Sharp di bisnis smartphone juga menjadi bagian dari strategi perusahaan tersebut dalam menghadapi tantangan di pasar elektronik nasional yang terus digempur produk impor asal China dalam beberapa tahun terakhir.
“Kami berusaha menciptakan segmentasi pasar sendiri dan setelah diriset ternyata masyarakat banyak yang menggemari produk gadget. Untuk itulah kami coba ekspansi ke segmen tersebut,” pungkas dia.
Selanjutnya: Khamenei Sebut Kejatuhan Assad di Suriah sebagai Rencana AS-Israel
Menarik Dibaca: 4 Tips Kesehatan untuk Para Ibu agar Tetap Bugar, Terapkan ya Moms
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News