kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.333.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Shell Eco-marathon 2023: Okupansi Hotel di Kawasaan Mandalikan Naik 85%


Minggu, 09 Juli 2023 / 16:51 WIB
Shell Eco-marathon 2023: Okupansi Hotel di Kawasaan Mandalikan Naik 85%
ILUSTRASI. Tim peserta Shell Eco-Marathon 2023 di Sirkuit Mandalika. Shell Eco-marathon Asia-Pasifik dan Timur Tengah yang digelar di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, 4-9 Juli berdampak positif pada bisnis hotel dan homestay di kawasan Mandalika.


Reporter: Diki Mardiansyah | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - LOMBOK. Shell Eco-marathon Asia-Pasifik dan Timur Tengah yang digelar di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, 4-9 Juli berdampak positif pada bisnis hotel dan homestay di kawasan Mandalika. Okupansi tercatat naik sebesar 85%.

Untuk diketahui, Shell Eco-marathon adalah kompetisi merancang, membangun, dan menguji kendaraan hemat energi yang diikuti oleh pelajar. Sebanyak lebih dari 70 tim dari 13 negara tercatat dan 66 tim lolos tahap inspeksi atau pemeriksaaan teknis.

Ketua Mandalika Hotel Association (MHA) Samsul Bahri mengatakan, dengan adanya ajang Shell Eco-marathon di Mandalika ini di mana pesertanya cukup banyak dari 13 negara, tentu mobilitas dari penginapan ke sirkuit sangat tinggi, sehingga penginapan yang mereka pilih harus dekat dengan Sirkuit.

"Alhamdulillah di Minggu pertama, okupasi hotel rata-rata yang hotel berbintang meningkat 85%. Karena ini memang momennya orang Eropa liburan, Juli- Agustus, homestay rata-rata sudah mulai tinggi kisaran 75-80%," kata Samsul di Mandalika, Minggu (9/7).

Baca Juga: Tiga Tim Indonesia Borong Gelar Kategori Urban Concept di Shell Eco-Marathon 2023

Samsul mengatakan, anggota MHA cukup banyak yang menginap. Di Loteng sekitar 2350 kamar dengan anggota sekitar 65 member.

Dia berharap sebagai pengelola hotel, ada banyak event-event yang sifatnya berkesinambunga dan berkelanjutaan sehingga bermanfaat untuk sektor periwisata di Mandalika.

Selain itu, dia berharap agar ajang Shell Eco-marathon bisa dibuka dengan penonton sehingga akan lebih banyak peningkatan kunjungan.

"Bukan hanya hotel saja, tetapi pelaku UMKM pun berdampak, dampak ekonominya makin luas dengan lebih banyakya penonton," pungkas dia.

Sementara itu, Presiden Direktur dan Country Chair Shell Indonesia Ingrid Siburian mengatakan, dengan diadakan di Mandalika saja, bagaimana pun secara tidak langsung sudah memperkenalkan Lombok ke lebih banyak orang, terlebih masyarakat global.

Penyelenggaraan Shell Eco-Marathon ini mendenyutkan perekonomian lokal, mulai dari hotel, transportasi yang digunakan peserta dan media, catering, bahkan rumah sakit daerah lokal seperti RSUD turut membantu penyelenggaraan ini. Selain itu, putera-puteri daerah juga turut berkontribusi menyukseskan acara ini.

Baca Juga: Shell Eco-marathon 2023 Mandalika Turut Berdayakan Ekonomi Lokal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×