kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,20   -16,32   -1.74%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Siapkan Rp 400 miliar, DHL Supply Chain Indonesia Bangun Fasilitas Gudang di Cikarang


Selasa, 19 April 2022 / 15:28 WIB
Siapkan Rp 400 miliar, DHL Supply Chain Indonesia Bangun Fasilitas Gudang di Cikarang
Peletakan batu pertama pembangunan fasilitas baru DHL Supply Chain Indonesia, DHL Maheswara Green Logistics, Selasa (19/) di Cikarang, Jawa Barat.


Reporter: Vina Elvira | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - CIKARANG. DHL Supply Chain Indonesia menyiapkan dana investasi sebesar Rp 400 miliar untuk membangun fasilitas baru, DHL Maheswara Green Logistics, yang berlokasi di Cikarang, Jawa Barat. 

Pembangunan fasilitas gudang baru seluas 40,000 m2 ini, ditandai dengan upacara peletakan batu pertama pada hari ini, Selasa 19 April 2022. 

President Director DHL Supply Chain Indonesia, Sivananthan SKS dalam sambutannya menuturkan bahwa pembangunan DHL Maheswara Green Logistics, dilakukan seiring dengan tumbuhnya permintaan layanan pergudangan. 

Baca Juga: DHL Express luncurkan Yellow Boat untuk perkuat layanan Batam-Singapura

"Peluncuran DHL Maheswara Green Logistics dirancang untuk memenuhi kebutuhan layanan pergudangan. Fasilitas ini menawarkan kapabilitas dan kenyamanan karena lokasinya yang dekat dengan pintu tol Cibatu, 18 km dari Cikarang Dry Pot," unkap Sivananthan, dalam konferensi pers, Selasa (19/4). 

Dia melanjutkan, fasilias baru ini ditargetkan akan rampung secara bertahap pada tahun 2023 dan 2024 mendatang. Di mana, 20,000 m2 pertama akan selesai di Juli 2023, sedangkan 20,000 m2 sisanya ditargetkan rampung pada bulan yang sama di tahun 2024. 

DHL Maheswara Green Logistics diusung dengan konsep solusi berkelanjutan. Fasilias ini, sebutnya, dilengkapi dengan berbagai solusi hijau untuk mengurangi emisi karbon.

Seperti fitur panel surya yang tersedia misalnya, sengaja dirancang untuk menutupi konsumsi daya di gudang dan kantor pada siang hari. Kemudian ada juga lampu LED dengan sensor gerak, pengelolaan air hujan, dan kendaraan listrik untuk pengiriman.

"Selain solusi kelestarian lingkungan, gedung ini juga menampung fasilitas bagi karyawan, seperti taman vertikal dan jogging track untuk meningkatkan kesejahteraan karyawan," sebut dia. 

Fasilitas ini juga akan menjadi Multi-User Facility (MUF) ketujuh DHL Supply Chain yang berlokasi di Indonesia. Dia bilang, enam MUF lainnya berada di area Cibitung, Cikarang, dan Karawang, kawasan industri khusus di Jawa Barat yang didukung oleh pertumbuhan ekonomi yang kuat.

Baca Juga: Era Otomatisasi, DHL Express Buka Pusat Penyortiran Robot Terbesar di Timur Tengah

"Semua gudang terletak dalam jarak dua hingga lima kilometer guna memastikan fleksibilitas dan efisiensi bagi pelanggan," tuturnya. 

Ada empat sektor pelanggan yang dibidik DHL untuk mengisi DHL Maheswara Green Logistics nantinya. Di antaranya, consumer retail, e-commerce, telekomunikasi, dan teknologi. Sivananthan mengatakan bahwa sektor yang paling mendominasi pelanggan DHL Supply Chain Indonesia masih dipegang oleh sektor teknologi, yang kemudian disusul oleh sektor consumer retail. 

Meski begitu, pelanggan dari sektor e-commerce dinilai memiliki pertumbuhan yang cukup pesat, di mana saat ini kontribusinya berada di level 10%. "Tapi sudah mulai tumbuh, dan perkembangan pelanggannya akan kami lakukan terus untuk meningkatkan persentase kontribusinya," tutup dia.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×