kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.006,37   -5,10   -0.50%
  • EMAS945.000 0,21%
  • RD.SAHAM -1.07%
  • RD.CAMPURAN -0.35%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%

Siapkan SDM yang Memahami Tambak Udang, Delos Mengadakan Program Pelatihan


Selasa, 15 Maret 2022 / 21:43 WIB
Siapkan SDM yang Memahami Tambak Udang, Delos Mengadakan Program Pelatihan
ILUSTRASI. MDI Ventures kucurkan pembiayaan ke Delos


Reporter: Ahmad Febrian | Editor: Ahmad Febrian

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Salah satu tantangan Indonesia memajukan industri tambak udang ada pada kesiapan sumber daya manusia.  Indonesia membutuhkan sebuah program khusus yang menitikberatkan sains, teknologi, dan praktek kerja langsung terlibat dalam menjalankan budidaya udang dalam kesehariannya.

Startup aquatech Delos berencana menjembatani kebutuhan itu dalam sebuah wadah yang digarap bersama para akademisi dan pelaku usaha tanah air. Program ini bernama Institut Maritim Delos (DMI). Program ini menyasar pada kampus-kampus yang memiliki jurusan studi akuakultur. 

DMI membidik beberapa kampus. Seperti Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Diponegoro (Undip), dan Universitas Indonesia (UI).  DMI juga membuka kesempatan yang sama bagi para lulusan SMK atau sederajat dan juga individu berpengalaman sebagai nelayan yang mau masuk ke dunia budidaya.

Senior Scientific Officer Delos, Julie Ekasari mengungkapkan, program ini didesain untuk mempersiapkan mahasiswa semester akhir yang akan segera lulus. “Nantinya bisa bergabung dan siap bekerja di industri budidaya udang,” ujar, dalam rilis yang diterima Kontan.co.id,  Selasa (15/3). 

CEO Delos, Guntur Mallarangeng mengatakan, program ini akan berjalan untuk pertama kalinya dalam waktu dekat ini. “Bukan sekedar pelatihan biasa, akan ada learning outcome yang jadi target utama, serta pengetahuan teori dan lapangan yang sudah dikurikulumkan dalam standar S1 dan D3,” ujarnya.


Pembukaan seleksi di tiap universitas yang bergabung dengan DMI ini dilakukan di akhir bulan Maret 2022 untuk menyaring sepuluh mahasiswa tingkat akhir. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×