kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45945,43   -4,30   -0.45%
  • EMAS1.029.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Simak Upaya Mustika Ratu (MRAT) Perbaiki Kinerja


Kamis, 08 Desember 2022 / 12:41 WIB
Simak Upaya Mustika Ratu (MRAT) Perbaiki Kinerja
ILUSTRASI. Produk Mustika Ratu (MRAT)


Reporter: Vina Elvira | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Lonjakan harga bahan baku dan dampak inflasi membuat kinerja keuangan PT Mustika Ratu Tbk (MRAT) kurang mulus hingga kuartal III-2022.

Hingga September lalu, Mustika Ratu mencatatkan rugi bersih sebesar Rp 17,8 miliar. Menurun jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu, di mana MRAT masih membukukan laba Rp 336 juta.

Dari sisi top line, penjualan MRAT tercatat menurun 15% menjadi Rp 217,9 miliar per kuartal III-2022. Sementara, beban pokok penjualan menurun 12% dari semula Rp 113,8 miliar di tahun 2021 menjadi Rp 100,3 miliar di tahun 2022.  

Presiden Direktur Mustika Ratu Bingar Egidius Situmorang mengatakan, penjualan MRAT di kuartal III-2022 terdampak oleh kontraksi pasar, terutama di channel tradisional (consumers downsizing). Kondisi tersebut dibarengi pula dengan lonjakan biaya logistik, termasuk biaya ekspor yang ikut membengkak.

"Namun Mustika Ratu optimistis dalam menyambut kuartal IV-2022 dan tahun 2023 dengan serangkaian kebijakan dan strategi yang akan dioptimalkan melalui kerja sama yang lebih intensif dengan berbagai pihak," ungkap Bingar, dalam keterangan resminya, kemarin.

Baca Juga: Mustika Ratu (MRAT) Rampungkan Divestasi Aset Tanah di Cibitung Rp 199,4 Miliar

Hal senada turut disampaikan Direktur Mustika Ratu Jodi Andrea Suryokusumo. Walaupun terjadi penurunan signifikan di sektor health product, penjualan dari sektor kosmetik disebut memberikan kontribusi positif bagi Mustika Ratu di kuartal ketiga ini.

Untuk memperbaiki kinerja, Mustika Ratu juga terus melakukan efisiensi, baik dari sisi manufacturing, distribusi hingga program marketing yang diharapkan akan berdampak positif pada kinerja Mustika Ratu ke depannya.

Termasuk opsi kenaikan harga jual untuk beberapa produk. "Namun tentunya semua kenaikan harga bahan baku tersebut tidak serta merta akan dibebankan seluruhnya kepada konsumen,” sambungnya.

Memahami daya beli konsumen dan merespons kondisi pasar yang dinamis, Mustika Ratu meluncurkan produk baru dengan harga yang lebih affordable, yaitu Minyak Zaitun Aromatic Essential Oil kemasan 55 ml.

 

 

Selain itu, dengan adanya dana yang diperoleh dari hasil divestasi aset tanah senilai Rp 199,4 miliar juga semakin menumbuhkan optimisme Mustika Ratu. Pihaknya bakal memaksimalkan potensi laba di kuartal IV dan di tahun-tahun mendatang.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung Complete Three Statement Modeling

[X]
×