kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.004,12   8,15   0.82%
  • EMAS974.000 0,72%
  • RD.SAHAM -1.86%
  • RD.CAMPURAN -0.70%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sirclo Group Akuisisi Warung Pintar


Jumat, 28 Januari 2022 / 14:08 WIB
Sirclo Group Akuisisi Warung Pintar
ILUSTRASI. Salah satu e-commerce enabler di Indonesia, SIRCLO


Reporter: Adinda Ade Mustami | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perusahaan e-commerce enabler, Sirclo mengakuisisi perusahaan ritel berbasis teknologi, Warung Pintar.

Pasca akuisisi, Warung Pintar tergabung sebagai bagian dari Sirclo Group untuk bersama-sama menghadirkan solusi omnichannel menyeluruh bagi principal atau brand, distributor, pelaku usaha, hingga end-consumer, baik secara online maupun offline.

Akuisisi ini didasari oleh kesamaan misi Sirclo dan Warung Pintar untuk mempermudah seluruh pelaku usaha di Indonesia untuk berjualan di berbagai channel dari online hingga offline.

Memanfaatkan keandalan dari segi infrastruktur teknologi dan jaringan distribusi ritel, Sirclo dan Warung Pintar memperkuat posisinya dengan mendongkrak potensi model bisnis B2B2C (business-to-business-to-consumer) melalui strategi omnichannel commerce, yang mengkombinasikan kanal penjualan online dan offline secara seimbang.

Baca Juga: Realisasi Penyaluran KUR Bank Mandiri Telah Mencapai 96,24% dari Target

Melalui akuisisi ini, Sirclo Group mencatatkan lebih dari 150.000 brands yang telah dilayani secara akumulatif, lebih dari 500.000 pemilik warung atau toko kelontong, jangkauan terhadap lebih dari 25 juta end-consumers, dan ebih dari 80 titik distribusi yang tersebar di seluruh Indonesia.

"Ekosistem ritel tidak luput dari peran warung dan toko kelontong sebagai salah satu opsi pemenuhan kebutuhan harian masyarakat Indonesia. Pentingnya ketersediaan produk, efisiensi alur distribusi, kemudahan akses bagi brand untuk menjangkau para mitra hingga end-consumer, serta potensi warung terhadap sektor ekonomi secara umum, mendorong kami untuk turut berfokus pada model bisnis B2B2C dengan menggandeng Warung Pintar ke dalam ekosistem kami," ujar Brian Marshal, Chief Executive Officer (CEO) Sirclo Group.

Brian menambahkan, langkah strategis ini merupakan wujud komitmen Sirclo untuk memperluas layanan enabler dan mengakomodasi lebih banyak pelaku usaha dengan skala yang lebih luas agar dapat merambah pasar online.

Baca Juga: Perkuat bisnis digital, Kioson (KIOS) rombak susunan direksi

Ke depannya, terdapat tiga kategorisasi utama pada pilar solusi dari Sirclo Group, yaitu solusi bagi Enterprise, solusi bagi Entrepreneur atau wirausaha dan UMKM, serta model bisnis New Retail seperti warung.

Agung Bezharie, Co-Founder dan CEO Warung Pintar mengatakan, langkah strategis ini akan menambah nilai strategis untuk mengakselerasi perkembangan produk dan layanan Warung Pintar.

"Ke depannya, kita ingin membuka lebih banyak kesempatan dan membawa transparansi serta efisiensi yang lebih baik bagi setiap pelaku UMKM, sehingga warung dapat pulih dari dampak pandemi dan tumbuh bersama," tambah Agung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling Supply Chain Management on Procurement Economies of Scale (SCMPES)

[X]
×