kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.333.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sistem Tol Nirsentuh MLFF Diterapkan Tahun Depan, Waktu Transaksi Nol Detik


Minggu, 23 Oktober 2022 / 18:27 WIB
Sistem Tol Nirsentuh MLFF Diterapkan Tahun Depan, Waktu Transaksi Nol Detik
ILUSTRASI. Pengendara roda empat melintas di gerbang tol Cikeusal di Kabupaten Serang, Banten, Minggu (9/1/2022). Sistem Tol Nirsentuh MLFF Diterapkan Tahun Depan, Waktu Transaksi Nol Detik.


Reporter: Venny Suryanto | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Uji coba penerapan sistem pembayaran tol non-tunai nirsentuh yakni Multi Lane Free Flow (MLFF) semakin dekat. 

Pemerintah mencetuskan sistem transaksi nontunai pada jalan tol berdasarkan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 16/PRT/M/2017 tentang Transaksi Tol Nontunai di Jalan Tol, sebagai upaya menerapkan inovasi sistem transaksi yang cepat dan efisien bagi pengguna jalan tol. 

Tujuan besar kebijakan elektronifikasi ini adalah transaksi tol menjadi lebih efektif, efisien, aman dan nyaman.

Nantinya, penerapan Sistem Transaksi Tol Nontunai Nirsentuh MLFF akan berbasis aplikasi yang menggunakan teknologi GNSS atau Global Navigation Satellite System.

Baca Juga: Jangan Panik Jika Saldo e-Toll Habis di Gerbang Tol, Ini yang Harus Dilakukan

Teknologi GNSS saat ini banyak diterapkan di negara-negara Eropa Timur, seperti Hungaria. 

Tidak hanya menjadi sistem transaksi, sistem MLFF berbasis GNSS ini juga akan menjadi platform bagi penerapan teknologi Intelligent Toll Road System (ITRS) sehingga akan memberikan pengalaman bagi pengguna jalan dalam melakukan transaksi tol yang lebih cepat, seamless, otomatis dan tanpa henti atau waktu transaksi hanya nol detik, namun tetap aman sehingga tidak ada lagi antrean di gerbang masuk maupun keluar Jalan Tol.

Berdasarkan keterangan resmi dari Badan Pengatur Jalan Tol (BPJ), teknologi MLFF mulai diimplementasikan para pengguna jalan tol dapat melakukan pembayaran nontunai tanpa tap kartu, yakni hanya dengan mengunduh dan mendaftarkan data pribadi pada aplikasi bernama CANTAS pada smartphone masing-masing yang telah terkoneksi internet. 

Kemudian setelah kalkulasi tarif terkoneksi pada aplikasi, uang dari masing-masing instrumen pembayaran milik tiap pengguna juga akan berkurang otomatis. 

Baca Juga: Tol Nirsentuh akan Gunakan Aplikasi CANTAS di Smartphone, Begini Sistem Kerjanya

Selain itu pengendara juga dapat menggunakan perangkat Electronic Route Ticket dimana pengguna dapat memilih titik masuk dan keluar sesuai rute perjalanan sekali pakai.

Elektronifikasi Jalan Tol melalui MLFF ini akan diterapkan secara bertahap. Sistem canggih tersebut rencananya akan mulai diujicobakan pada tahun 2023. 

Untuk tahap awal implementasi dimulai dengan masa transisi pada beberapa ruas jalan tol, dimana sebagian gardu pada setiap gerbang tol masih dapat menggunakan kartu tol elektronik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×