kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Smartfren juga siapkan eSIM untuk produk IoT


Selasa, 10 September 2019 / 17:11 WIB
Smartfren juga siapkan eSIM untuk produk IoT

Reporter: Andy Dwijayanto | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Selain menyasar pengguna iPhone yang sudah mendukung teknologi eSIM. PT Smartfren Telecom Tbk (FREN) juga menyasar produk internet of things (IoT). Nantinya produk seperti jam tangan pintar hingga produk machine to machine (M2M).

Djoko Tata Ibrahim, Deputy CEO Smartfren menyebut saat ini memang menyasar pengguna iPhone seri XS, XR dan XS Max. Namun pasar IoT dan M2M juga bisa digarap, pasalnya saat ini Smartfren merupakan operator pertama yang meluncurkan teknologi eSIM.

Baca Juga: Simak strategi Smartfren mengejar 30 juta pelanggan hingga akhir tahun

"Iya, eSIM juga untuk IoT kan memang sifatnya begitu, jadi tentunya akan ditanamkan di on thingsnya itu," ujarnya di Jakarta, Selasa (10/9).

Ia menyebut eSIM awalnya memang diluncurkan untuk memenuhi demand dari pengguna iPhone yang butuh dual simcard. Namun slot kartu SIM di iPhone hanya ada satu buah, sehingga manajemen melihat peluang itu dan meluncurkan eSIM pertama di Indonesia.

"Selama ini yang punya teknologi eSIM itu iPhone dan itu tentunya membantu karena selama ini iPhone itu bagus, mahal, keren dan penggunanya loyal dan setia. Tapi salah satu kekurangannya itu mereka hanya punya 1 SIM tidak bisa pakai dua secara fisik," lanjutnya.

Kendati baru meluncurkan, dirinya menyatakan demand terhadap produk eSIM cukup tinggi bahkan menargetkan 50% pengguna iPhone seri XS,XR dan XS Max di Indonesia bisa menggunakan eSIM. Harapanya antusiasme serupa juga akan menjalar kepada produk-produk IoT yang sudah beredar saat ini. 


Tag


TERBARU

Close [X]
×