kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

SnackVideo Dorong Sektor Kelautan dan Perikanan Berkolaborasi dengan BPPSDM dan KKP


Selasa, 19 Desember 2023 / 21:50 WIB
SnackVideo Dorong Sektor Kelautan dan Perikanan Berkolaborasi dengan BPPSDM dan KKP
ILUSTRASI. SnackVideo berkolaborasi dengan Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Kelautan dan Perikanan (BPPSDM), Kementerian Kelauatan dan Perikanan (KKP)


Reporter: Francisca Bertha Vistika | Editor: Francisca bertha

KONTAN.CO.ID - SnackVideo berkolabroasi dengan Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Kelautan dan Perikanan (BPPSDM), Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dalam memanfaatkan media sosial untuk mengembangkan sektor kelautan dan perikanan. Kolaborasi ini ditandai dengan penandatanganan kerja sama SnackVideo dan KKP pada beberapa waktu lalu.

Platform SnackVideo terus berupaya memberi dukungan kepada UMKM Indonesia dari berbagai sektor untuk tumbuh dan berkembang sehingga dapat naik kelas. Upaya ini merupakan wujud dari komitmen SnackVideo sebagai salah satu platform media sosial berbasis video pendek terbesar di Indonesia, yang saat ini telah menjadi platform ideal bagi UMKM untuk melakukan pertumbuhan dan ekspansi tanpa batas.

Dina Bhirawa, Head of Marketing SnackVideo Indonesia mengatakan bahwa SnackVideo menyadari bahwa dukungan kepada UMKM akan semakin besar dampaknya apabila dilakukan secara kolaboratif dengan pemangku kepentingan yang berkaitan. Karena itu, ketika ada peluang untuk berkolaborasi dengan BPPSDM Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk mendorong kemajuan UMKM binaan mereka, SnackVideo dengan antusias menyambutnya.

Baca Juga: Dorong Pelaku UMKM Naik Kelas, SnackVideo Gencarkan Kolaborasi

"Kolaborasi ini kami lakukan setelah melihat adanya kesamaan visi dan misi antara SnackVideo dan KKP dalam memajukan UMKM di Indonesia. Melalui kerjasama ini, SnackVideo akan memberikan berbagai dukungan yang dapat memperkaya wawasan dan kemampuan para pelaku UMKM binaan BPPSDM-KKP untuk dapat memanfaatkan platform SnackVideo sebagai media pemasaran dan promosi yang menarik dan informatif,” ungkap Dina.

KKP sendiri memiliki enam strategi dalam mendorong UMKM kelautan dan perikanan untuk berkembang. Pendampingan yang diberikan kepada UMKM perikanan mencakup berbagai aspek, di antaranya adalah pelatihan digital marketing.

Kepala BPPSDM, I Nyoman Radiata mengatakan BPPSDM menyelenggarakan kegiatan pendidikan, pelatihan, dan penyuluhan bagi masyarakat. BPPSDM juga memiliki banyak kelompok usaha perikanan yang dilatih dan didampingi oleh para penyuluh perikanan.

"Terdapat juga mitra kami Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan atau P2MKP. Selain itu ada wirausaha para taruna di satuan-satuan pendidikan kami. Kelompok-kelompok tersebut dapat menjadi sasaran kerjasama ke depannya,” ujar Nyoman.

Baca Juga: SnackVideo Jalin Kolaborasi dengan PRIMA DMI

Nyoman berharap penandatanganan kerja sama ini tidak hanya menjadi dokumen saja untuk memenuhi IKU (Indikator Kinerja Utama) atau KPI (Key Performance Index) tetapi benar-benar dapat diimplementasikan secara nyata untuk pengembangan SDM. "Khususnya bagi masyarakat pelaku utama kelautan dan perikanan, seperti nelayan, pembudidaya, pengolah, dan pemasar ikan, serta petambak garam,” tambah I Nyoman.

Dalam hal ini, digitalisasi merupakan langkah penting untuk mendorong UMKM agar dapat naik kelas. Hasilnya telah terlihat dari UMKM binaan KKP yang rutin mengikuti pelatihan digital marketing, usaha mereka berkembang pesat setelah produk-produknya tak hanya dipromosikan dan dipasarkan secara offline, tapi juga online.

Melalui kolaborasi antara BPPSDM-KKP dan SnackVideo mengenai pemanfaatan media sosial untuk promosi usaha, diharapkan akan menambah pengetahuan dan keahlian dari para pelaku UMKM perikanan berkaitan dengan digital marketing. Adapun, Kerja sama yang dilakukan antara SnackVideo dan BPPSDM-KKP akan berlangsung sepanjang 2024.

Baca Juga: Memanfaatkan Konten Video Pendek, Hasil Campaign Focallure& Pinkflash Melebihi Target

Cakupan kerja sama yang dilakukan berupa pelatihan dan bimbingan oleh SnackVideo untuk para pelaku UMKM binaan BPPSDM-KKP dalam pemanfaatan media sosial berbasis video pendek. Dalam pelatihan ini, SnackVideo akan berbagi tips dan trik membuat konten video pendek yang kreatif namun tetap informatif, sehingga lebih banyak pengguna SnackVideo yang tertarik untuk menontonnya.

Dukungan juga diberikan dengan memverifikasi akun milik KKP di SnackVideo serta melakukan penayangan konten-konten video pendek milik KKP berdasarkan demografi yang sesuai agar dapat menjangkau audiens dengan tepat.

Sebagai informasi, pengguna aktif SnackVideo telah mencapai 43 juta di seluruh Indonesia, didominasi oleh generasi milenial dan Gen-Z, yang tersebar sampai ke pelosok Nusantara. Harapannya dengan kondisi ini SnackVideo menjadi platform yang sangat potensial untuk membantu para pelaku UMKM dalam mempromosikan usaha mereka.

Ditambah lagi, konten-konten video pendek yang ditampilkan SnackVideo dianggap dekat dekat dengan keseharian masyarakat Indonesia. Tak heran jika pada kuartal III 2023, tercatat adanya peningkatan jumlah UMKM yang mempromosikan produknya di SnackVideo sebesar 135%. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×