kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45887,73   13,33   1.52%
  • EMAS1.365.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Soechi incar 20% pendapatan dari galangan kapal


Selasa, 27 Januari 2015 / 14:21 WIB
Soechi incar 20% pendapatan dari galangan kapal
ILUSTRASI. XXI berkolaborasi bersama Gopay hadirkan ?XXI Mission? berupa voucher cashback XXI FnB (Food and Beverage)


Reporter: Dityasa H Forddanta | Editor: Sanny Cicilia

JAKARTA. PT Soechi Lines Tbk bisa segera menikmati tambahan pendapatan dari bisnis galangan kapal. Pasalnya, galangan milik emiten dengan kode saham SOCI di Bursa Efek Indonesia (BEI) tersebut sudah kedatangan sejumlah pelanggan baru.

"Kami sedang mengerjakan 5 proyek new building kapal tanker dengan nilai total kontrak US$ 92 juta," ujar Direktur Keuangan SOCI Paula Marlina kepada KONTAN, (27/1).

Perlu diketahui, SOCI memiliki lahan sekitar 200 hektar untuk fasilitas perbaikan dan pemeliharan kapal di Pulau Karimun, Kepulauan Riau. Lahan tersebut dilengkapi dengan floating dock yang mampu menampung kapal berukuran 50.000 deadweight tonnage (dwt).

Proses pengerjaan fasilitas galangan kapal ini telah tuntas dikerjakan tahun lalu. SOCI telah mengeluarkan US$ 130 juta yang berasal dari pinjaman Bank Mandiri guna membangun fasilitas tersebut.

Paula menambahkan, dengan kontrak lima kapal yang telah diperoleh itu, maka otomatis galangan kapal tersebut sudah bisa berkontribusi untuk pendapatan konsolidasi SOCI mulai tahun ini. "Shipyard kami akan berkontribusi sekitar 20% dari total income tahun ini," tambahnya.

Kontribusi tersebut meningkat jika dibandingkan dengan kontribusi tahun lalu yang sebesar 9% terhadap total pendapatan. Kedepan, kontribusinya pun bakal bertambah. Sebab, utilisasi galangan kapal tersebut saat ini baru sekitar 30% dari total kapasitas yang dimiliki, dan kedepannya utilisasi tersebut bakal ditingkatkan jika bisnis galangan kapal telah memiliki arus kas yang stabil.

Tambahan saja, SOCI membidik pertumbuhan pendapatan 30% hingga 40% tahun ini. Pertumbuhan tersebut lebih tinggi dari rata-rata tingkat pertumbuhan tahunan atau compound annual growth rate (CAGR) sebesar 28%-30%.  Hingga pertengahan 2014 lalu, pendapatan SOCI sebesar US$ 54,8 juta dan laba bersih sebesar US$ 16,7 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×