kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45770,67   6,06   0.79%
  • EMAS876.000 -1,35%
  • RD.SAHAM -0.17%
  • RD.CAMPURAN -0.05%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.12%

Softex Indonesia daur ulang sampah popok jadi batu bata dan minyak bakar


Kamis, 16 Januari 2020 / 17:21 WIB
Softex Indonesia daur ulang sampah popok jadi batu bata dan minyak bakar
ILUSTRASI. Pekerja memasukkan air kedalam mesin pengolahan hidrotermal di Guna Olah Limbah (GOL) Lab, Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Kamis (15/1).

Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Anna Suci

KONTAN.CO.ID - BANDUNG. PT Softex Indonesia teken komitmen kerjasama dengan perusahaan teknologi pengolahan limbah berbasis riset Guna Olah Limbah (GOL) guna mendaur ulang popok bekas pakai menjadi sesuatu yang fungsional dan bernilai. 

Limbah popok tersebut bisa disulap menjadi batu bata (pokbrick) dan minyak bakar sebagai substitusi minyak tanah.

Direktur Softex Indonesia Djali Halim menjelaskan, program sustainability ini merupakan bentuk nyata dari kontribusi Softex Indonesia kepada masyarakat dan lingkungan dalam mengurangi limbah popok.

“PT Softex Indonesia percaya bahwa kesuksesan perusahaan tidak hanya ditentukan oleh keberhasilan bisnis, tetapi juga harus diimbangi dengan program yang dapat membantu masyarakat dan lingkungan," jelasnya saat peresmian pengolahan popok bayi bekas menjadi pokbrick dan minyak bakar, Kamis (16/1).

Baca Juga: Pabrik baru Softex akan beroperasi pada kuartal ketiga 2020

Asal tahu saja, dalam program sustainability ini,  Softex Indonesia dengan Guna Olah Limbah (GOL)   mengembangkan mesin hidrotermal yang ditempatkan di Bank Sampah Bersinar. Mesin hidrotermal ini tanpa metode pembakaran sehingga ramah lingkungan. Ada beberapa proses yang harus dilewati limbah popok hingga menjadi batu bata.

Direktur Guna Olah Limbah Richie Satya Nugroho menambahkan,dengan sederhana proses tersebut.  Mula-mula, popok bekas tersebut diproses menjadi fiber dan plastik terlebih dahulu. Kemudian, fiber diolah menjadi pokbrick.

"Sedangkan plastik diolah lagi di mesin pyrolysis menjadi minyak bakar," jelasnya.

Richie bilang, GOL Bandung juga bekerjasama dengan Day Care Galenia, Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Limijati, PaskalMall, dan PVJ Mall sebagai tempat pengumpulan sampah
popok.

Sekadar informasi, program ini merupakan program lanjutan dari program sustainability sebelumnya yang sudah dijalankan di Tangerang dan diresmikan pada tanggal 8 Oktober 2019.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×