kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45992,69   1,09   0.11%
  • EMAS1.132.000 -0,26%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sokong Sektor Kelistrikan, PGN Salurkan Gas Bumi 10 BBTUD ke PLN Batam


Rabu, 06 Desember 2023 / 18:51 WIB
Sokong Sektor Kelistrikan, PGN Salurkan Gas Bumi 10 BBTUD ke PLN Batam
ILUSTRASI. Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) menyalurkan sekitar 10 billion british thermal unit per day (BBtud) gas bumi untuk pembangkit listrik PT Pelayanan Listrik Nasional (PLN Batam).


Reporter: Filemon Agung | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID-JAKARTA. PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) menyalurkan sekitar 10 billion british thermal unit per day (BBtud) gas bumi untuk pembangkit listrik PT Pelayanan Listrik Nasional (PLN Batam).

General Manager PGN Sales and Operation Region I (SOR I) Andi Sangga Prasetia mengatakan, proses penyaluran gas perdana telah dilakukan sejak Oktober lalu. Kontrak penyaluran gas bumi ini berlangsung untuk multi years.

Nantinya, pembangkit listrik yang dialiri merupakan plant baru yang menyuplai kebutuhan listrik Kawasan Industri Kabil dan sekitarnya. Adapun kapasitas pembangkit tersebut diperkirakan mampu menghasilkan listrik sekitar 50 MW.

"Penyaluran gas bumi untuk PLN Batam merupakan kontribusi PGN sebagai bagian dari Pertamina dalam menyediakan alternatif energi di masa transisi. Hal ini juga sebagai upaya untuk mendorong pertumbuhan industri di kawasan Pulau Batam," kata Andi dalam siaran pers, Rabu (6/12).

Baca Juga: PGN Tindaklanjuti Temuan dan Rekomendasi BPK Terkait Perjanjian Jual Beli Gas

Sampai dengan saat ini, PGN SOR I telah menyalurkan gas bumi sebesar 163 BBTUD untuk 138.253 pelanggan di berbagai sektor mulai dari rumah tangga, industri& komersial, usaha kecil, transportasi dan pembangkit listrik.

Demi memuluskan penyaluran gas ke KI Kabil, PGN mengucurkan investasi untuk pembangunan pipa sepanjang 3,1 km menuju titik serah yang berlokasi di Kabil.

PGN Area Head Batam Wendi Purwanto menambahkan, PGN area Batam sebelumnya juga melayani beberapa pelanggan pembangkit listrik yakni Energi Listrik Batam, PLN Batam Pulau Pemping, Batamindo Investment Cakrawala, Panbil Utilitas Sentosa dan Tunas Energi.

Baca Juga: Perusahaan Gas Negara (PGAS) Alokasikan Capex US$ 458 Juta Hingga Akhir 2023

Secara keseluruhan, PGN area Batam menyalurkan gas bumi ke pelanggan kelistrikan sebesar ±80 BBTUD. Jumlah penyaluran tersebut mendominasi penyaluran gas bumi di wilayah Batam kurang lebih 82%.

"Melihat besarnya penyerapan gas dari pelanggan pembangkit listrik memacu kami untuk memperkuat layanan gas bumi untuk kelistrikkan," terang Wendi.

Wendi memastikan, PGN Area Batam tetap menjaga komitmen melayani dan mengembangkan pemanfaatan gas bumi di sektor rumah tangga hingga industri. Hingga saat ini, total jaringan gas bumi PGN di Batam sepanjang ± 270 KM untuk melayani 102 industri& komersial, 5.774 rumah tangg dan 68 usaha kecil.

Infrastruktur gas bumi PGN tersebar dan melewati beberapa kawasan industri dan pusat keramaian. Hal ini mendatangkan potensi pertumbuhan pelanggan retail yang didominasi dari sektor industri olechemical, smelter, dan baterai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×