kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45995,96   -12,32   -1.22%
  • EMAS991.000 1,02%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Startup Berkela Jadi Juara Pertama Festival Energi Terbarukan (RE)Spark 2022


Jumat, 03 Juni 2022 / 22:55 WIB
Startup Berkela Jadi Juara Pertama Festival Energi Terbarukan (RE)Spark 2022
ILUSTRASI. Pemenang Hackathon Festival Energi Terbarukan (RE)Spark 2022 yang diselenggarakan oleh New Energy Nexus (NEX)


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sebagai puncak kegiatan Festival Energi Terbarukan [RE]Spark 2022 yang diselenggarakan oleh New Energy Nexus (NEX) Indonesia dan didukung IKEA Foundation, diadakan Hackathon yaitu ajang kompetisi pengembangan inovasi dan bisnis startup dalam menemukan solusi permasalahan iklim.

Hackathon membuka peluang untuk startup di bidang energi terbarukan dan memfasilitasi para peserta untuk menemukan solusi dan mengatasi tantangan utama dalam sektor Energi Akses, Dekarbonisasi, Mobilitas Pintar, Climate Fintech, & Efisiensi Energi.

Selama bulan Januari hingga Mei 2022, NEX telah menjaring 82 tim (inovator dan startup) melalui Hackathon Bootcamp yang diselenggarakan di 5 kota di Indonesia. Melalui proses seleksi, terpilih 10 startup atau tim yang maju ke babak final dan mengikuti Demo Day - Sesi di hari terakhir Festival Energi Terbarukan [RE]Spark, Jumat (3/6).

Sepuluh startup atau tim dinilai oleh para dewan juri yang berasal dari bidang keahlian dan industri terkait dengan energi terbarukan yaitu Elrika Hamdi selaku Energy Finance Analyst di Institute for Energy Economics and Financial Analysis, Stanley Ng selaku Program Director New Energy Nexus Southeast Asia, Dr. Peggy Hariwan selaku Lead Country Analysis and Coordinator Indonesia di International Energy Agency, serta Dorman Purba selaku Energy Consultant di World Bank.

Baca Juga: Menko Airlangga Bahas Travel Bubble dengan Sejumlah Menteri Singapura

Menurut Program Director New Energy Nexus Southeast Asia, Stanley Ng yang juga salah satu dewan juri Hackathon mengatakan bahwa seluruh tim yang presentasi pada hari ini sangat potensial.

“Kesepuluh tim memiliki potensi yang luar biasa. Dengan kerja keras dan dukungan yang tepat, ide dan prototype yang mereka presentasikan dapat menjadi bisnis yang nyata. Untuk itu, New Energy Nexus menyelenggarakan kegiatan ini untuk mendukung ide dan inovasi para startup ke depannya menjadi bisnis yang sukses. Kami percaya, kesuksesan para inovator dan startup adalah kesuksesan kita bersama,” ujar Stanley dalam siaran persnya.

Beberapa kriteria yang dinilai oleh para dewan juri adalah bagaimana para startup atau tim menguasi masalah dan apa solusi yang mereka tawarkan untuk mengatasi masalah tersebut. Kedua, bagaimana para startup presentasi, berinteraksi, menyampaikan idenya kepada audiens dan dewan juri.

Kemudian, juri melihat bagaimana para startup atau tim dapat melihat seberapa besar bisnis dan potensi pasar produk mereka. Selain itu, para startup atau tim mengetahui siapa competitior di pasar dan apa kekuatan produk mereka lebih baik dari competitor. Terakhir, juri menilai model bisnis.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×