kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45861,67   -2,73   -0.32%
  • EMAS1.368.000 0,59%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Startup Fita Catat EBITDA Positif di Kuartal Pertama 2024


Selasa, 04 Juni 2024 / 12:53 WIB
Startup Fita Catat EBITDA Positif di Kuartal Pertama 2024
ILUSTRASI. Startup Fita meraih EBITDA dan pendapatan yang positif di kuartal pertama tahun ini.


Reporter: Jane Aprilyani | Editor: Jane Aprilyani

KONTAN.CO.ID - Fita, aplikasi preventive healthcare berhasil mencatatkan EBITDA positif pada kuartal pertama tahun ini di tengah tantangan di sektor healthtech. Pendapatan Fita sejak Januari hingga April 2024 meningkat 30% dibanding periode yang sama di 2023.

Reynazran Royono, CEO Fita mengutarakan, usai pandemi melanda dan tech winter yang berkelanjutan, Fita mampu meraih EBITDA positif pertama untuk perusahaan selama tiga bulan berturut-turut sejak Februari 2024.

Kinerja positif ini, kata Reynazran, menjadi milestone penting tidak hanya untuk Fita, melainkan untuk industri startup kesehatan secara keseluruhan.

Reynazran bilang, FITA menyadari, industri health and fitness penuh dengan tantangan, mulai dari tren yang terus berubah hingga kompetisi yang ketat.

Namun, berbekal fokus FITA pada product-market fit dan dukungan dari aset serta kapabilitas Telkomsel, Fita mampu menciptakan model bisnis berkelanjutan, yang tidak hanya mengarah pada profitabilitas, tetapi juga menjadi landasan solid bagi inovasi ke depan.

"Sebagai salah satu bagian dari INDICO, kami bertekad mengeksplorasi ekosistem health and fitness lebih dalam lewat kolaborasi yang lebih erat bersama Telkomsel dan berbagai mitra strategis untuk meningkatkan penetrasi layanan kami ke masyarakat lewat produk dan layanan kesehatan yang berdampak," ujarnya dalam keterangan yang diterima KONTAN, Selasa (4/6).

Baca Juga: INDICO Kembangkan Platform Bisnis Dukung Pertumbuhan Industri Telekomunikasi

Sebagai platform kesehatan terintegrasi di Indonesia, Fita telah memberikan manfaat kepada lebih dari 3 juta pelanggan yang mengunduh aplikasi Fita.

Tidak hanya menyediakan akses ke lebih dari 1.000 tutorial olahraga dan 400 resep makanan sehat, Fita juga menawarkan solusi yang langsung dirasakan oleh pengguna, didukung oleh lebih dari 200 pelatih yang bersertifikat.

Selama periode Januari hingga April 2024, Fita berhasil memperlihatkan dampak positifnya dengan membantu pengguna dalam mencapai tujuan kesehatan mereka, baik dalam menambah maupun menurunkan berat badan.

Hasilnya, pengguna yang mengikuti program peningkatan berat badan berhasil menambah rata-rata 3,8 kilogram, sedangkan peserta program penurunan berat badan berhasil menurunkan rata-rata 2,8 kilogram.

Ke depan, Reynazran menyebutkan, Fita bertekad untuk mempertahankan kinerja positifnya dengan melanjutkan kerja sama yang kuat dengan Telkomsel.

Salah satu inisiatif utamanya adalah program bundling dengan Halo+ dan ComboFit, yang menggabungkan layanan telekomunikasi dengan layanan health and fitness.

Baca Juga: Fokus Strategi Path to Profitability,Fita Raih Pendapatan PuluhanMiliar Rupiah di2023

Sebagai langkah lanjutan, Fita sedang menyiapkan layanan ComboFit Superpass, yang ke depannya bisa memberikan akses ke ratusan mitra gym dari sekitar 3.000 mitra gym yang sudah diidentifikasi di seluruh Indonesia.

Selain itu, menyadari pentingnya kolaborasi untuk keberhasilan jangka panjang, Fita bersama Telkomsel telah menandatangani nota kesepahaman dengan BPJS Ketenagakerjaan untuk menjalin kerja sama terkait ComboFit Jamsostek.

Kerjasama ini bertujuan meningkatkan kesadaran proteksi, terutama bagi BPU (Bukan Penerima Upah) dan pekerja sektor non-formal. Program ini memudahkan mereka mendapatkan perlindungan kerja, termasuk asuransi kecelakaan dan jiwa.

Semua inisiatif ini merupakan bagian dari upaya Fita dalam menyediakan solusi kesehatan holistik yang mencakup berbagai aspek kebugaran fisik, kesehatan mental, dan perlindungan finansial.

Dengan komitmen ini, Fita bertekad untuk terus mendukung pemerintah dalam memacu masyarakat untuk menjalani gaya hidup yang lebih sehat melalui pendekatan kesehatan preventif.

"Dengan potensi dan antusiasme yang besar dari industri health and fitness, kami optimis dapat terus memberikan kontribusi positif," sebut Reynazran.

"Dukungan aset komersial Telkomsel sangat berarti bagi kami, memungkinkan kami untuk memperluas jangkauan dan mengenalkan produk kami kepada lebih banyak pengguna," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×