kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45916,37   -3,13   -0.34%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Strategi Austindo Nusantara (ANJT) Tingkatkan Pendapatan Usai Rugi US$ 4,66 Juta


Selasa, 29 Agustus 2023 / 18:43 WIB
Strategi Austindo Nusantara (ANJT) Tingkatkan Pendapatan Usai Rugi US$ 4,66 Juta
ILUSTRASI. PT Austindo Nusantara Jaya Tbk (ANJT) menargetkan adanya peningkatan produksi Tandan Buah Segar (TBS) sebesar 7%


Reporter: Sabrina Rhamadanty | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Austindo Nusantara Jaya Tbk (ANJT) menargetkan adanya peningkatan produksi Tandan Buah Segar (TBS) sebesar 7% dibandingkan capaian produksi TBS tahun 2022. 

“Diharapkan peningkatan produksi ini mampu mendorong pendapatan Perseroan lebih tinggi di tengah harga CPO yang berada di rentang yang lebih rendah dibandingkan tahun lalu,” kata Nopri Pitoy, selaku Direktur Keuangan ANJT, saat dihubungi Kontan, Selasa (29/08).

Jika merujuk pada laporan keuangan, ANJT pada semester I-2023 mengalami penyusutan pendapatan sebesar 20,4% year on year (YoY) menjadi US$ 114,8 juta, dibandingkan US$ Rp 144,14 juta pada periode yang sama tahun sebelumnya. 

Akibatnya, ANJT harus menanggung rugi bersih sebesar US$ 4,66 juta pada periode semester I-2023. Berbanding terbalik dari posisi laba periode berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar US$ 19,25 juta pada periode semester I-2022. 

Baca Juga: Austindo (ANJT) Catatkan Penjualan US$63,9 Juta pada Kuartal II 2023, Ini Penopangnya

Nopri mengungkap bahwa penurunan kinerja keuangan Perseroan pada semester I-2023 disebabkan oleh pendapatan yang lebih rendah sebagai dampak dari harga jual rata-rata yang lebih rendah dibanding periode yang sama pada tahun lalu. 

“Selain itu, terdapat peningkatan beban penyusutan dan bunga serta biaya operasional yang lebih tinggi dari tanaman yang baru menghasilkan di perkebunan Papua Barat Daya dan dari area penanaman kembali di perkebunan Sumatera Utara I dan perkebunan Pulau Belitung,” jelas dia. 

Dia menjelaskan, produksi sawit perseroan dari area yang baru akan mencapai tingkat optimal dalam dua hingga tiga tahun ke depan sehingga biaya tunai (cash cost) per ton diharapkan akan turun seiring peningkatan produksi tersebut.

“Saat ini Perseroan tengah fokus pada upaya peningkatan produktivitas, pengendalian biaya serta mitigasi dampak perubahan iklim melalui berbagai inovasi agronomi dan strategi keberlanjutan yang sedang dikembangkan, seperti komposting, fertigasi tetes serta assisted pollination,” ungkapnya.

 

Selain meningkatkan TBS, rencana lain yang dilakukan perseroan adalah fokus pada pengembangan unit bisnis yang lain, yaitu unit bisnis kacang edamame.

“Unit bisnis edamame kami saat ini telah berhasil melakukan ekspor ke India,” katanya. 

Ia menambahkan, ekspansi ekspor di unit bisnis edamame ini bukanlah yang pertama kalinya bagi perseroan. Pada Maret 2021, ANJT telah berhasil memulai ekspor edamame beku ke Jepang.

“Ini membuktikan kualitas produk kami mampu memenuhi persyaratan ketat pasar internasional. Kami yakin bahwa produk edamame Indonesia memiliki potensi yang besar untuk menembus pasar global,” tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×