Reporter: Leni Wandira | Editor: Anna Suci Perwitasari
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Blue Bird Tbk (BIRD) memastikan layanan transportasi tetap optimal menjelang Ramadan dan Idul Fitri 1446 Hijriah.
Direktur Utama Blue Bird Adrianto Djokosoetono mengatakan, perusahaan menyediakan berbagai layanan fleksibel untuk memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat selama periode tersebut.
Menurut Adrianto, Blue Bird terus beradaptasi dengan dinamika kebutuhan pelanggan agar dapat meningkatkan kinerja dari tahun sebelumnya.
Pada 2024, Blue Bird mencatat pertumbuhan pendapatan sebesar 12% dibandingkan periode Ramadan dan Lebaran tahun sebelumnya.
Baca Juga: Ekspansi Blue Bird (BIRD) Bakal Tambah 1.000 Kendaraan Listrik di Tahun 2025
"Bluebird sebagai perusahaan mobility as a service memastikan layanan tetap optimal selama ramadan dan Lebaran,” ujar Andre kepada awak media di Jakarta, Kamis (13/3).
Sebagai langkah optimalisasi layanan, Blue Bird menyiapkan berbagai strategi, termasuk penambahan armada di jam-jam sibuk, peningkatan pemantauan operasional secara real-time, serta memperkuat layanan pelanggan agar lebih responsif.
"Untuk menghadapi lonjakan permintaan kami menambah armada di jam sibuk, meningkatkan pemantauan operasional secara real-time, dan memperkuat layanan pelanggan agar lebih responsif,” imbuhnya.
Dengan sistem pemesanan yang andal, kendaraan yang terawat, dan pengemudi profesional, perusahaan ingin memastikan setiap perjalanan tetap aman, nyaman, dan bebas cemas.
Perusahaan juga menghadirkan opsi pembayaran fleksibel melalui aplikasi MyBluebird, serta menyediakan berbagai layanan mobilitas, baik untuk perjalanan harian maupun jarak jauh.
Bluebird dan Silverbird melayani perjalanan sehari-hari, sementara Goldenbird menyediakan layanan sewa mobil dengan berbagai pilihan armada dan pengemudi profesional. Untuk kebutuhan mobilitas rombongan, layanan Bigbird menawarkan bus dengan berbagai tipe yang dapat digunakan untuk perjalanan dalam maupun luar kota.
Selain itu, Blue Bird juga menghadirkan layanan Cititrans sebagai moda transportasi jarak jauh, termasuk perjalanan ke Bandara Soekarno-Hatta. Untuk pengiriman barang, paket, dan hampers Lebaran, tersedia layanan Bluebird Kirim, sedangkan BirdMobil menawarkan layanan perawatan kendaraan bagi pelanggan yang ingin mudik dengan mobil pribadi.
"Komitmen ini kami hadirkan untuk mendukung mobilitas pelanggan di setiap momen penting, dari awal Ramadan hingga perayaan Idul Fitri," ujar dia.
Chief Marketing Officer Blue Bird, Mediko Azwar, menegaskan bahwa perusahaan terus berkomitmen menghadirkan layanan yang mengutamakan keamanan dan kenyamanan pelanggan.
Melalui standar layanan Standar Nyaman Indonesia dengan konsep #ExperienceLebih Fix Aman, Blue Bird ingin memberikan ketenangan bagi pelanggan di setiap perjalanan, terutama saat periode Ramadan dan Lebaran yang padat.
Blue Bird juga mencatat kinerja positif hingga Oktober 2024 dengan pendapatan mencapai Rp 3,66 triliun, tumbuh 13% secara tahunan. Pada kuartal III 2024, pendapatan perusahaan mencapai Rp 1,3 triliun, meningkat 11% secara kuartalan dan 17% secara tahunan. Laba bersih perusahaan juga naik 20% menjadi Rp 442 miliar.
Saat ini, Blue Bird memiliki 20 anak perusahaan yang tersebar di 20 kota di Indonesia. Perusahaan yang telah tercatat di Bursa Efek Indonesia sejak 2014 ini memiliki jaringan distribusi luas, dengan lebih dari 600 titik eksklusif di hotel, mal, pusat perbelanjaan, serta saluran pemesanan daring.
Dengan berbagai strategi yang telah disiapkan, Blue Bird optimistis dapat terus meningkatkan kualitas layanan dan mempertahankan tren pertumbuhan positif selama momen Ramadan dan Lebaran tahun ini.
Selanjutnya: Pelaku Industri Tembakau Khawatirkan Dampak Penyeragaman Kemasan Rokok
Menarik Dibaca: Dorong Perempuan Sehat dan Berdaya untuk Cegah KDRT Bertambah
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News