kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Strategi Jasa Marga antisipasi kemacetan Tol Jakarta-Cikampek di tahun baru


Sabtu, 22 Desember 2018 / 10:00 WIB

Strategi Jasa Marga antisipasi kemacetan Tol Jakarta-Cikampek di tahun baru

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Senior Specialist Corporate Communications PT Jasa Marga Tbk (JSMR) Irra Susiyanti menyebut, pihaknya telah menyiapkan strategi untuk mengantisipasi kepadatan lalu lintas di Tol Jakarta-Cikampek pada Natal dan tahun baru ini.

"Pertama, untuk transaksinya kami mengoptimalkan gardu operasi, kemudian penyiapan gardu reader dan integrasi transaksi pembayaran tol yang sudah terjadi di Jakarta-Tangerang, Jagorawi, dan Cikarang," ujar Irra saat dihubungi Kompas.com, Jumat (21/12).

Strategi selanjutnya, dari segi pelayanan lalu lintas, Jasa Marga akan menyiapkan petugas di titik-titik rawan macet, seperti di Cikunir, akses menuju gerbang tol Cikarang Utama, dan di kilometer 29.

"Kemudian menambah armada melakukan rekayasa lalu lintas jika terjadi kepadatan kita akan lakukan contraflow dan sebagainya," ucap dia.

Lalu, distribusi beban lalu lintas jika terjadi kepadatan di salah satu pintu tol. Jika demikian, kendaraan akan diarahkan ke jalan lain terlebih dahulu hingga terurai kemudian kembali lagi ke gerbang tol.

"Misalnya terjadi kepadatan di Cikarang Utama maka pengguna dikeluarkan ke Cikarang Barat baru kemudian masuk kembali," kata dia.

Selanjutnya, Jasa Marga melakukan pelayanan kosntruksi yakni memastikan jalan tol dalam keadaan baik dan bebas dari lubang maupun kerusakan. Jasa Marga juga mengantisipasi adanya genangan di sejumlah titik rawan dengan menyiagakan petugas dan pompa air.

Selain itu, kata Irra, pihaknya mengantisipasi kemacetan karena kendaraan mogok dengan menyiagakan petugas dan mobil derek.

"Percepatan penanganan gangguan kalau ada mobil mogok kendaraan mogok harus cepat ditangani. Meminimalkan terjadinya kepadatan. Tergantung kondisi ya, kalau hanya kendaraan kecil kita bisa derek dengan kendaraan derek kita," papar Irra.

Menjelang libur Natal dan tahun baru, kepadatan kendaraan di jalan Tol Jakarta-Cikampek mulai terasa.

Hingga Jumat (21/12) sore, jumlah kendaraan yang masuk di Tol Jakarta-Cikampek meningkat 32% dibandingkan hari biasa. "Pada hari ini sudah mulai terjadi peningkatan volume lalu lintas terutama di Cikarang Utama sebanyak 32% dari lalu lintas normal," ujar Irra. (Penulis : Ryana Aryadita Umasugi)

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Strategi Jasa Marga Antisipasi Kemacetan di Tol Jakarta-Cikampek Saat Natal dan Tahun Baru"

 


Sumber : Kompas.com
Editor: Sanny Cicilia
Video Pilihan


Close [X]
×