kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45863,16   -14,36   -1.64%
  • EMAS920.000 0,00%
  • RD.SAHAM -1.01%
  • RD.CAMPURAN -0.38%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%

Strategi Prima Makmur Rotokemindo bertahan di tengah pandemi


Jumat, 07 Mei 2021 / 12:30 WIB
Strategi Prima Makmur Rotokemindo bertahan di tengah pandemi

Reporter: Dimas Andi | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Pandemi Covid-19 telah menghempas lebih dari satu tahun dan tidak banyak perusahaan yang mampu bertahan terkena dampaknya. Mulai dari penurunan daya beli dan juga berbagai kondisi lainnya, akhirnya berpengaruh pada kebijakan perusahaan, terutama masalah protokol kesehatan.

Ada beberapa sektor bisnis yang ternyata mampu bertahan, salah satunya bisnis packaging PT Prima Makmur Rotokemindo menjadi salah satu perusahaan yang mampu bertahan di tengah pandemi Covid-19.

Prima Makmur Rotokemindo merupakan produsen kemasan pangan dan kemasan non pangan lokal yang telah memiliki lebih dari 50 klien yang berada di dalam maupun luar negeri.

Pada tahun 2015, perusahaan ini sudah tersertifikasi FSSC 22000 (Food Safety Management Systems) untuk menjamin bahwa kemasan yang dihasilkan layak pakai sebagai bahan kemasan makanan.

Baca Juga: Sritex dan anak usaha dapat tiga gugatan PKPU, utang pada dua perkara Rp 106,4 miliar

“Kami merasa sangat bersyukur bahwa di masa pandemi bisnis kami masih bisa berjalan, walau dengan banyak penyesuaian terutama masalah protokol kesehatan. Hal ini supaya kami tetap bisa memberikan yang terbaik untuk karyawan dan klien-klien kami,” ungkap Sales & RnD Director Prima Makmur Rotokemindo Arief Santoso dalam siaran pers yang diterima Kontan, Kamis (6/5).

Beberapa kebijakan baru memang diberlakukan di Prima Makmur Rotokemindo. Salah satunya adalah mengharuskan setiap tamu yang datang membawa dokumen kesehatan berupa pernyataan negatif Covid-19 dengan metode tes swab antigen. Untuk semua pegawai juga diharuskan mengikuti peraturan perusahaan berkaitan dengan jaga jarak dan melaporkan kondisi kesehatannya.

Bahkan, untuk mendukung gerakan anti mudik, Prima Makmur Rotokemindo melakukan penyuluhan kepada karyawannya untuk tidak mudik dan wajib melakukan tes PCR kika terlibat dalam acara kerumunan.

Baca Juga: Cermati Kesaktian Saham Top Gainers di Kuartal I, Sebagian Masih Membukukan Kerugian

Tercatat, sebanyak 1,9 juta orang telah mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK) dan dirumahkan sejak pandemi terjadi. Hal yang berbeda di Prima Makmur Rotokemindo yang sudah berdiri selama 45 tahun, yakni perusahaan masih bisa mempertahankan para karyawannya yang berjumlah lebih dari 1.000 orang dengan gaji penuh, memberikan THR, bahkan masih membuka lapangan pekerjaan baru.

Ke depannya, Prima Makmur Rotokemindo juga berencana untuk membuka pesanan dari partai kecil, sehingga pelaku UMKM juga bisa menjadi klien perusahaan. Selain itu, perusahaan tersebut juga berharap bahwa rencana ini dapat membantu pemulihan ekonomi nasional di masa mendatang.

Selanjutnya: Simak rekomendasi saham PGAS, WIIM, dan MPPA untuk Kamis (6/5)

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Panduan Cepat Maximizing Leadership Supply Chain Management on Procurement Economies of Scale

[X]
×