kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sumitomo buka toko ritel online di Indonesia


Rabu, 09 Januari 2013 / 16:12 WIB
Sumitomo buka toko ritel online di Indonesia
ILUSTRASI. Proyek apartemen Cisauk Point yang dikembangkan?Adhi Commuter Properti di kawasan Transit Oriented Development (TOD) Stasiun Cisauk, Tangerang, Banten.


Reporter: Asnil Bambani Amri | Editor: Asnil Amri

JAKARTA. Sumitomo Corporation ternyata tak hanya tertarik di bisnis energi saya di Indonesia. Perusahaan asal Jepang itu ternyata melirik kesempatan bisnis ritel di Indonesia. Namun, Sumitomo tak berbisnis ritel fisik seperti minimarket, melainkan membuka bisnis ritel secara online lewat situs sukamart.com.

Situs penjualan ritel online tersebut diserahkan kepada PT Sumisho E-Commerce Indonesia yang merupakan perusahaan joint venture antara Sumitomo Corporation dengan PT Sumitomo Indonesia. Toko online yang sudah diperkenalkan sejak Agustus 2012 ini, menyediakan kebutuhan sehari-hari.

Layaknya toko ritel biasanya, situs sukamart.com tersebut menyediakan produk yang biasa disediakan di minimarket dan juga di supermarket. Dalam rilisnya yang diterima KONTAN hari ini, sukamart.com bertujuan untuk memberikan solusi belanja bagi warga Jakarta yang tak ingin keluar rumah.

Untuk pengiriman barang pesanan, sukamart.com menyediakan layanan pembayaran transfer antar bank, maupun pembayaran di tempat alias COD (cash on delivery).  Akhir tahun ini, Sukamart menargetkan bisa menyediakan 10.000 item produk untuk pelanggan online-nya. “Sukamart menargetkan penjualan Rp100 miliar sebagai target awal,” jelas pernyataan dalam rilis yang diterima KONTAN hari ini (9/1).

Bermodal US$ 5 juta

Perlu diketahui, bisnis baru dari Sumitomo Corporation di Indonesia ini bermodalkan US$ 5 juta, yang mulai berdiri Februari 2012 dan beraktivitas mulai Agustus 2012. Selain di Indonesia, Sumitomo juga mendirikan perusahaan serupa di China dengan modal dua kali lipat.

Dalam pengembangan bisnis ini, Sumitomo Corporation menyatakan, akan memanfaatkan naiknya daya beli di negara berkembang di Asia. Jika situs ritel online ini sukses di Indonesia dan China, Sumitomo berniat untuk ekspansi ke negara lainnya di dunia.

Sementara itu, target penjualan Sumitomo Corporation melalui situs ritel online di Jepang dan luar Jepang adalah sebesar 100 miliar yen per tahun. Produk yang akan menjadi unggulan mereka adalah makanan serta kebutuhan rumah tangga.

Keputusan Sumitomo membuka toko ritel online ini cukup menarik. Sebab, Sumitomo Corporation selaku Penanaman Modal Asing (PMA) tak perlu berurusan dengan larangan membuka ritel fisik atau minimarket yang terlarang untuk PMA.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×