kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.004,12   8,15   0.82%
  • EMAS974.000 0,72%
  • RD.SAHAM -1.86%
  • RD.CAMPURAN -0.70%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Suntikan Modal Rp 71 Miliar ke Bisnis Anak Jokowi Jadi Polemik, Ini Respon Alpha JWC


Rabu, 19 Januari 2022 / 09:01 WIB
Suntikan Modal Rp 71 Miliar ke Bisnis Anak Jokowi Jadi Polemik, Ini Respon Alpha JWC
ILUSTRASI. Suntikan Modal Rp 71 Miliar ke Bisnis Anak Jokowi Jadi Polemik, Ini Respon Alpha JWC


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Bisnis anak Presiden Joko Widodo kembali menjadi perbincangan publik. Bisnis tersebut adalah minuman Goola, yang jadi sorotan karena mendapat suntikan modal Rp 71 miliar oleh Alpha JWC Ventures. 

Lalu siapa Alpha JWC yang mau menggelontorkan dana Rp 71 miliar untuk bisnis minuman receh, Goola? Bagaimana penjelasan Alpha JWC terkait polemik suntikan modal ke Goola?

Goola adalah bisnis minuman manis yang didirikan oleh anak Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep bersama Kevin Susanto, Benz Budiman pada tahun 2018. Setelah Gibran Rakabuming menjadi Wali Kota Solo, semua bisnisnya dikelola oleh adiknya, Kaesang Pangarep.

Suntikan modal Rp 71 miliar ke Goola dari Alpha JWC Ventures menjadi polemik setelah disoroti pakar information technology (IT) Sammy Notaslimboy. Padahal suntikan modal yang digelontorkan oleh Alpha JWC Ventures tersebut dilakukan pada Agustus 2019.

Dilansir dari Kompas.com, Co-founder & General Partner Alpha JWC Ventures Chandra Tjan mengatakan, investasi dan pendampingan dilakukan ke dalam perusahaan rintisan (startup) di Indonesia dan Asia Tenggara, salah satunya seperi Goola, agar mendorong startup di Tanah Air untuk berkembang pesat.

Baca Juga: Goola, startup usaha minuman anak Jokowi raih pendanaan Rp 71 miliar

Apalagi kata dia, saat dilakukan investasi tersebut, Goola sudah memiliki produk dan beberapa cabang di Jakarta, termasuk di daerah Cikini Jakarta Pusat, dan Setiabudi Jakarta Selatan. “Oleh sebab itu setelah melakukan serangkaian penilaian dan perbandingan produk, angka penjualan, hingga proyeksi keuangan atau yang biasa disebut due diligence, Alpha JWC memutuskan berinvestasi di perusahaan tersebut secara bertahap berdasarkan pencapaian perusahaan,” ujar Chandra Tjan kepada Kompas.com, Selasa (18/1/2022).

Maka dengan suntikan modal ke Goola tersebut, Alpha JWC sudah memiliki saham minoritas di Goola dengan pemilik saham terbesar adalah para pendiri perusahaan seperti Kevin Susanto, Benz Budiman, dan Gibran Rakabuming.

Chandra Tjan juga menilai, jumlah suntikan modal ke Goola tersebut masih dalam jumlah wajar. Sebab dengan dana kelolaan sebesar 630 juta dollar AS, Alpha JWC mampu melakukan investasi di berbagai sektor (sector-agnostic) dengan jumlah investasi (ticket size) beragam.

Investasi tersebut mulai dari Rp 1 miliar hingga Rp 600 miliar per perusahaan untuk kepemilikan saham minoritas sekitar 10 persen hingga 20 persen. ”Sebagai contoh di 2018, kami juga memberikan investasi 8 juta dollar AS pada Kopi Kenangan yang saat itu juga baru mulai. Jadi ini pun sebenarnya wajar,” kata dia.

 

Bisnis Alpha JWC Ventures

Alpha JWC Ventures memang gencar melakukan investasi dengan skema suntik modal ke perusahaan start up (rintisan). Baru-baru ini, Alpha JWC Ventures mengumumkan kinerja kuartal keempat dan lanjutan momentum yang kuat memasuki tahun 2022 dalam mempertahankan posisinya sebagai dana modal ventura tahap awal terbesar dan berkinerja terbaik di Asia Tenggara.

Di tahun 2021, Alpha JWC Ventures telah memiliki empat unicorn dalam portofolionya, dengan 14 perusahaan memiliki valuasi 500 juta hingga 1 miliar dolar AS dan didukung oleh minat investor global serta kinerja kuat sektor teknologi Indonesia.

Tahun lalu merupakan tahun yang sangat penting bagi Alpha JWC Ventures sebagai perusahaan yang telah berinvestasi dalam 29 kesepakatan (deals) dengan nilai lebih dari 80 juta dolar AS; dan menyambut 18 startup baru di Asia Tenggara ke dalam portofolionya.

Perusahaan-perusahaan baru tersebut termasuk agregator e-commerce yang berlokasi di Asia Pasifik, UnaBrands, platform aftermarket otomotif online dan offline terbesar Indonesia, dan software-as-a-service (SaaS) untuk bisnis makanan dan minuman terbesar Indonesia, ESB.

Alpha JWC Ventures juga menutup tahun 2021 dengan kehadiran unicorn keempatnya yaitu, waralaba kopi Kopi Kenangan, menyusul unicorn-unicorn sebelumnya yaitu Carro, Kredivo, dan Ajaib.

“Dengan penutupan Fund III terbesar kami dan pasar Indonesia yang kuat, kami berada di posisi yang lebih baik dalam memberikan kesempatan kepada startup potensial, sekaligus membantu para founder meningkatkan pertumbuhan bisnis mereka, menutup investasi dan membawa bisnis mereka ke tingkat yang lebih tinggi. Kami adalah VC pertama di Indonesia dan Asia Tenggara yang menerapkan pendekatan manajemen value adding pada perusahaan portofolio dan telah terbukti berhasil berdasarkan pencapaian kami. Sekarang kami membawa kinerja Alpha JWC ke level selanjutnya lewat ekspansi tim internasional, kehadiran yang lebih kuat di negara-negara lain di Asia Tenggara, juga dengan dukungan terhadap perusahaan portofolio yang lebih intensif dan ekstensif,” kata Partner, Value Creation, Alpha JWC Ventures, Erika Dianasari, dalam keterangan resmi yang diterima Kontan, Selasa (18/1).

Co-Founder & General Partner, Alpha JWC Ventures, Chandra Tjan menambahkan jika sepanjang tahun  2021, pihaknya melihat sektor fintech dan konsumen berkembang pesat dan terbukti dari dua unicorn yang menjadi mitranya saat ini.

"Tahun ini kami yakin kedua sektor tersebut akan terus berkembang dan kami akan terus berinvestasi pada sektor tersebut sambil memantau peluang yang ada pada sektor teknologi dan sektor tech-enabler lainnya. Dengan fleksibilitas kami dalam berinvestasi di berbagai sektor karena kami tidak terpaku pada satu sektor saja dan beragam tahap pendanaan serta ukuran tiket, mulai dari 100.000 hingga US$60 juta dalam pendanaan bertahap, kami ingin mendukung lebih banyak lagi perusahaan potensial serta para founder yang ulung pada 2022,” kata Chandra.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×