kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Suzuki Indomobil Sales makin serius garap bisnis mesin tempel kapal dan perahu


Kamis, 02 Mei 2019 / 20:59 WIB
Suzuki Indomobil Sales makin serius garap bisnis mesin tempel kapal dan perahu

Reporter: Eldo Christoffel Rafael | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Industri otomotif, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menunjukkan keseriusannya menggarap bisnis mesin tempel untuk perahu dan kapal atau outboard motor (OBM) di Indonesia. Hal ini dilakukan sejalan dengan visi pemerintah menjadi Indonesia sebagai poros maritim dunia dan tingg9inya potensi pariwisata yang terus berkembang di negara kepulauan ini.

Deputy General Manager Marine Department PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Gunardi Prakosa mengatakan, saat ini Suzuki Marine telah menjangkau berbagai daerah di Indonesia. Ditambah Suzuki telah menjual ke nelayan, transportasi laut, leisure, dan pemerintah.


"Meski saat ini penjualan banyak ditujukan terbesar nelayan dan transportasi laut," kata Gunardi, Kamis (2/5).

Untuk menjangkau lebih banyak daerah, Suzuki telah memiliki melalui sembilan diler Suzuki Marine memberikan layanan sales, service dan spart parts. Ditambah ada 50 mitra bengkel yang tersedia di seluruh Indonesia. "Tahun ini rencananya akan buka satu diler baru yang di Batam," tambahnya.

Dalam lima tahun ini, penjualan mesin tempel diklaim meningkat 189%. Khusus tahun ini ditargetkan penjualan naik 12%. "Peluangnya besar ke pengguna transportasi laut yang biasanya cepat ganti baru," kata Gunardi.

Saat ini, Suzuki Marine miliki 3 tipe mesin dua tak dan 27 mesin empat tak yang telah disesuaikan dengan kebutuhan konsumen. Produk tersebut masih diimpor dari Jepang dan Thailand. "Kami punya portofolio produk yang banyak dan belum bisa disamai kompetitor lain," tambahnya.

Untuk mendekatkan diri dengan konsumen, Suzuki Marine aktif melakukan customer gathering, dan mengikuti berbagai pameran seperti Boath Gathering di Telkomsel Indonesia International Motor Show (TIIMS) 2019, Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) dan Pekan Raya Jakarta (PRJ).

Tidak hanya itu,  Suzuki juga memberikan kesempatan sea trial kepada calon konsumen.

Sebagai informasi tentang sejarah Suzuki OBM, Suzuki untuk pertama kalinya didunia menjual mesin OBM sejak tahun 1965 dengan tipe D55 yang memiliki teknologi 2-tak. Memasuki tahun 1994 Suzuki OBM hadir di Indonesia dengan mengusung mesin DT15 sebagai andalan produknya.

Pada tahun berikutnya, 1995, Suzuki OBM mengembangkan mesin baru dengan teknologi 4-tak yang lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar dan juga ramah lingkungan.



Video Pilihan

TERBARU

Close [X]
×