kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Suzuki Jual 89.067 Unit Mobil di Pasar Indonesia pada Tahun 2022


Rabu, 25 Januari 2023 / 15:02 WIB
Suzuki Jual 89.067 Unit Mobil di Pasar Indonesia pada Tahun 2022
ILUSTRASI. Suzuki XL7 dipamerkan pada ajang GIIAS 2022 di ICE BSD, Tangerang, Banten.


Reporter: Dimas Andi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tahun 2022 dinilai sebagai tahun bangkitnya berbagai industri di Indonesia, termasuk industri otomotif yang berhasil mencatatkan banyak peningkatan sebagai dampak positif kembalinya daya beli masyarakat. Dampak positif ini juga dirasakan oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) yang mencatatkan penjualan positif hingga tutup tahun 2022.

Secara keseluruhan, total penjualan Suzuki selama tahun 2022 mencapai 89.067 unit. Dari catatan penjualan tersebut, New Carry, All New Ertiga, dan XL7 mendominasi sebagai kontributor utama dalam menyokong angka penjualan Suzuki selama satu tahun penuh.

Pencapaian ini tentu menjadi bukti komitmen Suzuki sebagai APM yang berusaha memenuhi semua lini kebutuhan konsumen di setiap segmen, baik kebutuhan kendaraan niaga hingga kebutuhan akan kendaraan pribadi untuk berkendara bersama keluarga. 

Jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya, penjualan secara ritel mengalami peningkatan untuk ketiga unit kebanggaan Suzuki tersebut. Bahkan, bila dibandingkan dengan bulan sebelumnya selama tahun 2022, di bulan Desember lalu New Carry memberikan catatan penjualan tertinggi pada tahun 2022. New Carry berhasil berkontribusi sebanyak 60%, kemudian disusul oleh XL7 yang berkontribusi sebesar 18%, dan All New Ertiga yang berkontribusi sebesar 12%.

Baca Juga: Honda Persiapkan Mobil Honda Civic Type R-GT Concept untuk Ajang Balap Super GT 2024

"Dengan adanya pencapaian penjualan ini, kami ingin berterima kasih kepada pelanggan setia Suzuki yang mempercayakan mobil Suzuki untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya,” ujar Randy R. Murdoko, Asst. to Dept. Head 4W Sales Suzuki Indomobil Sales dalam siaran pers di situs Suzuki Indonesia, Rabu (25/1).

Akhir tahun 2022 menjadi momentum penting bagi New Carry terutama varian pick-up karena dapat menjaga performa penjualan, bahkan berhasil catatkan peningkatan penjualan secara positif selama tahun 2022. Bila dibandingkan dengan November, catatan penjualan New Carry varian pick-up pada Desember 2022 mengalami peningkatan sebesar 17%.

Kemudian, bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya dengan periode yang sama yaitu Januari hingga Desember, New Carry varian pick-up mengalami peningkatan 2% dengan total penjualan sebanyak 52.322 unit.

Catatan positif lainnya adalah New Carry varian pick-up berhasil menguasai 52% pangsa pasar di kategori kendaraan niaga ringan jenis mini pick-up seluruh Indonesia yang total penjualannya mencapai 99.992 unit. Kesuksesan tidak berhenti di situ, pada kategori kendaraan niaga berjenis pick-up secara keseluruhan, pangsa pasar penjualan ritel New Carry juga berkontribusi sebagai yang terbesar yaitu 33% dari total penjualan ritel kendaraan niaga jenis pick-up sebesar 156.271 unit.

Capaian positif yang diraih tersebut membuktikan bahwa New Carry pantas mempertahankan gelarnya sebagai “Rajanya Pick-Up” yang memiliki performa tangguh, daya tahan tinggi, dan dapat mengangkut banyak muatan dengan kapasitas maksimal 1 ton.

Dengan harga yang terjangkau dan mampu memenuhi kebutuhan niaga, New Carry dinilai mampu menjadi andalan para pelaku usaha dari skala kecil hingga besar. New Carry juga mampu menjadi andalan dalam mencari untung sehingga turut membantu masyarakat Indonesia dalam hal pemulihan ekonomi. 

Mengimbangi penjualan New Carry sebagai kendaraan niaga, XL7 juga mencatatkan performa penjualan yang positif untuk kendaraan penumpang. Suzuki XL7 mencatatkan penjualan sebanyak 15.998 unit atau mengalami peningkatan sebesar 9% selama tahun 2022 jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Sedangkan pada Desember 2022, penjualan XL7 meningkat sebesar 25% jika dibandingkan dengan bulan November.

Dari catatan penjualan ini, XL7 terbukti dijadikan pilihan terbaik oleh konsumen yang membutuhkan kendaraan SUV atau Sport Utility Vehicle 7 penumpang dengan fitur lengkap, kapabilitas optimal dan harga kompetitif.

Selanjutnya, kontributor utama ketiga adalah All New Ertiga. Bila dibandingkan dengan bulan sebelumnya, All New Ertiga pada Desember 2022 mengalami peningkatan sebesar 18%. Dari keseluruhan varian yang ada di All New Ertiga, varian yang dilengkapi teknologi hybrid memberikan kontribusi sebesar 59% selama Desember 2022. Penjualan ritel varian hybrid di Desember tersebut mengalami peningkatan sebesar 7% dibandingkan bulan sebelumnya. 

Baca Juga: Jual 331.410 Unit Mobil di 2022, Toyota Masih Kuasai Pangsa Pasar Otomotif Indonesia

Sejak pertama kali All New Ertiga Hybrid meluncur pada pertengahan tahun lalu, model ini terus mendapatkan respons positif hingga akhir 2022. Alhasil, penjualan All New Ertiga Hybrid mampu mencapai hampir dua kali lipat dari varian non-hybrid atau memegang porsi sekitar 66% secara keseluruhan varian. Hingga akhir tahun 2022, All New Ertiga Hybrid masih memegang predikat pionir dan satu-satunya LMPV di Indonesia yang telah dibekali teknologi hybrid. 

Selain ketiga kontributor tersebut, laporan penjualan mobil CBU atau Completely Built Up Suzuki juga memberikan angin segar selama tahun 2022. Bila dibandingkan dengan periode sebelumnya, Suzuki berhasil menjual 5.785 unit CBU secara ritel pada tahun 2022 atau mengalami peningkatan sebanyak 4%.

Model global yang atraktif seperti S-Presso dan Baleno menjadi dua kontributor utama terhadap peningkatan penjualan CBU Suzuki. Hal tersebut menunjukkan bahwa meningkatnya kepercayaan konsumen yang ada di Indonesia terhadap model yang dimiliki oleh Suzuki global.

Randy bilang, bertambahnya kebutuhan dan aktivitas serta kehadiran usaha baru yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia membuat penjualan Suzuki meningkat pada tahun lalu. Ditambah lagi, peluncuran model-model mobil Suzuki baru selama tahun 2022 mampu memikat hati konsumen.

"Dua hal inilah yang menurut Suzuki menjadi penentu terpilihnya produk Suzuki sebagai teman aktivitas masyarakat sehari-hari,” tutup Randy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×