kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Tahun depan Mitra Keluarga (MIKA) bakal bangun tiga rumahsakit baru


Senin, 26 Agustus 2019 / 11:50 WIB

Tahun depan Mitra Keluarga (MIKA) bakal bangun tiga rumahsakit baru
ILUSTRASI. Rumah Sakit Mitra Keluarga

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. PT Mitra Keluarga Karyasehat Tbk (MIKA) pada tahun depan bakal membangun tiga rumah sakit baru. Hal ini sesuai dengan rencana penggunaan dana IPO yang menargetkan untuk membangun enam rumah sakit.

Aditya Widjaja, Investor Relation MIKA menyebut dari target enam rumah sakit, baru tiga yang sudah terealisasi. Sedangkan tiga lainnya baru akan dibangun pada tahun depan yang seluruhnya menggunakan dana IPO.

Baca Juga: Target tercapai, Mitra Keluarga (MIKA) tak tambah rumahsakit baru tahun ini

"Sekarang sudah secure (lokasi) satu rumah sakit yang akan dibuka tahun 2020 dan ground breakingnya akan dimulai Oktober. Itu di Surabaya dan akan pakai brand Mitra Keluarga Pratama," ujarnya di Jakarta, Senin (26/8).

Untuk investasinya saat ini untuk RS Mitra Keluarga dengan kapasitas 200-250 tempat tidur dan luas tanah 10.000-14.000 meter persegi membutuhkan investasi Rp 250 miliar sampai Rp 270 miliar.

Sedangkan untuk RS Mitra Keluarga Pratama dengan kapasitas 100-150 tempat tidur dan luas lahan 4.000-6.000 meter persegi butuh dana Rp 40 miliar hingga Rp 100 miliar. Sedangkan dana akuisisi bergantung pada valuasi rumah sakit yg ditawarkan.

"Tiga rumah sakit itu sebenarnya tipikal RS Mitra Keluarga yang butuh Rp 250 miliar - Rp 270 miliar, tetapi yang sudah itu RS Mitra Keluarga Pratama itu hanya Rp 100 miliar," lanjutnya.

Baca Juga: Hingga akhir tahun, 15 rumahsakit milik Mitra Keluarga (MIKA) akan layani BPJS

Tambahan tiga rumah sakit tersebut diluar dari rencana akuisisi rumah sakit tahun depan. Hanya saja dirinya belum merinci berapa tambahan rumah sakit baru yang berasal dari akuisisi. Tahun ini saja, manajemen sudah menambah empat rumah sakit yang terdiri dari dua akuisisi dan dua bangun baru.

"Tiga itu sudah satu yang ditentukan jenisnya itu RS Mitra Keluaga Pratama tetapi dua lagi belum tahu akan dibangun apa. Itu semua dana pembangunannya dari IPO," tutupnya.


Reporter: Andy Dwijayanto
Editor: Azis Husaini
Video Pilihan


Close [X]
×