Reporter: Dimas Andi | Editor: Yudho Winarto
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perusahaan ritel peralatan rumah tangga MR DIY Indonesia meresmikan gerai ke-400 yang kali ini berlokasi di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Barat (NTB). MR DIY pun berupaya memperkuat posisinya sebagai toko ritel peralatan rumah tangga yang terjangkau bagi masyarakat.
Cyril Noerhadi, President Director MR DIY Indonesia mengatakan, Labuan Bajo dipilih lantaran kawasan ini menyimpan potensi pariwisata yang besar. Dengan potensi tersebut, maka kegiatan ekonomi akan sering bergulir di Labuan Bajo.
Baca Juga: Pada Tahun Ini MR.DIY Bakal Terus Ekspansif
Oleh karena itu, MR DIY berupaya hadir untuk memenuhi kebutuhan peralatan rumah tangga bagi konsumen di wilayah tersebut.
Asal tahu saja, MR DIY hadir pertama kali di Indonesia pada September 2017 lalu di Bekasi, Jawa Barat. Di tahun tersebut, MR DIY membuka 10 gerai di berbagai tempat di Tanah Air. Sedangkan di 2018, MR DIY menambah sekitar 70-80 gerai baru.
Gerai MR DIY mencapai 100 unit pada 2019 silam, tepatnya di Jakarta. Pencapaian berikutnya, MR DIY berhasil menembus pasar Indonesia Timur ketika membuka gerai ke-200 di Papua. Adapun gerai ke-300 MR DIY dibuka di Medan, Sumatera Utara.
Dengan total gerai mencapai 400 unit, MR DIY berhasil mencatatkan rekor MURI sebagai toko ritel peralatan rumah tangga dengan jumlah cabang terbesar di Indonesia.
Secara global, MR DIY telah memiliki 2.000 gerai yang tersebar di berbagai negara. Selain Indonesia, MR DIY juga hadir di negara-negara seperti Malaysia, Thailand, Singapura, Brunei Darussalam, Filipina, India, Turki, hingga Spanyol.
MR DIY pun menyediakan 10 kategori utama produk yang mana jumlah produk yang dijual di toko ini mencapai 18.000 produk.
“Kami memiliki visi untuk menjadi toko peralatan rumah tangga terbesar di Asia dan dunia,” kata Cyril dalam konferensi pers, Rabu (10/8).
Ia menambahkan, terdapat tiga strategi utama yang menjadi pedoman bagi MR DIY untuk terus mengembangkan bisnisnya dari waktu ke waktu. Strategi pertama adalah MR DIY fokus pada ketersediaan produk peralatan rumah tangga yang lengkap dan berkualitas.
Produk yang ditawarkan MR DIY dinilai mampu menjawab kebutuhan masyarakat dari berbagai kalangan usia, baik muda maupun tua.
Baca Juga: Tarif PPN Naik Jadi 11%, MR.DIY Tidak Naikkan Harga Jual
Berikutnya, MR DIY selalu mengutamakan penjualan produk dengan harga yang hemat alias terjangkau bagi seluruh masyarakat. Bahkan, MR DIY mengimplementasikan produk satu harga yang artinya harga produk-produk yang dijual perusahaan ini dipastikan sama, di manapun gerainya berada.
Strategi selanjutnya adalah MR DIY mengutamakan aspek lokasi. Dalam hal ini, seluruh gerai MR DIY selalu berada di tempat yang terjangkau dan dekat dengan masyarakat. “Karena lokasinya mudah dijangkau, konsumen tak perlu berpikir panjang untuk berbelanja di MR DIY,” terang Cyril.
Meski tidak diungkap secara gamblang, MR DIY tentu akan terus membuka peluang untuk menambah jumlah gerai di tempat-tempat lain di Indonesia. “Masih banyak kawasan yang bisa kami eksplor untuk penambahan gerai,” tandas dia.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News