kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tambah kapasitas, Krakatau Steel operasikan fasilitas blast furnace


Kamis, 20 Desember 2018 / 14:36 WIB
Tambah kapasitas, Krakatau Steel operasikan fasilitas blast furnace
Penyalaan tungku blast furnace Krakatau Steel


Reporter: Agung Hidayat | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID - CILEGON. PT Krakatau Steel (Persero) Tbk resmi mengoperasikan fasilitas blast furnace. Fasilitas ini sudah dikerjakan sejak 2013 yang lalu.

Dalam persemian itu, hadir Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno. Kemudian, Direktur Utama Krakatau Steel Silmy Karim, Komisaris Krakatau Steel Nana Rohana, Vice President MCC CERI Xue Qing Bin, dan Set dirjen ILMaTE kemenperin Dody Rahardi, dan Vice President Corporate 5 Group Bank Mandiri M Andi Syafrizal Indrawan

Silmy mengatakan, dengan beroperasinya pabrik blast furnace akan menambah fasilitas iron making atau tahap hulu bertambah. “Ini merupakan awal dari rangkaian usaha perseroan untuk meningkatkan daya saing di sektor hulu, dimana fasilitas blast furnace merupakan teknologi berbasis batubara," kata Silmy saat acara berlangsung, Kamis (20/12).

Penggunaan batu bara ini, lebih lanjut Silmy bilang akan meningkatkan fleksibilitas penggunaan energi serta mengurangi ketergantungan terhadap gas alam yang yang diproyeksikan yang akan terus mengalami kenaikan harga dan keterbatasan.

Sementara itu Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN, Fajar Harry Sampurno berharap industri dalam negeri mampu mengisi kebutuhan baja dalam negeri yang sekarang telah mencapai 15 juta ton.

"Namun masih ada pekerjaan rumah besar lagi setelah ini bagi Krakatau Steel yakni untuk membangun kluster 10 juta ton baja di Cilegon", ujarnya dalam kesempatan yang sama.

Pabrik Blast Furnace yang berdiri pada area Blast Furnace Complex Krakatau Steel seluas 55 hektare (ha) ini merupakan proyek yang dilakukan oleh Konsorsium kontraktor yang terdiri dari MCC CERI dari China dan PT Krakatau Engineering (PTKE).

Secara detil diinformasikan di dalam Blast Furnace Complex terdapat Sinter Plant yang memiliki kapasitas 1,7 juta ton per tahun, Hot Metal Treatment Plant dengan kapasitas 1,2 juta ton per tahun, Coke Oven Plant dengan kapasitas 555.000 ton per tahun. Sebagai penunjang, terdapat Raw Material Handling (Stockyard) yang mampu menampung 400 ribu ton per tahun.

Lebih lanjut Silmy mengatakan, pabrik blast furnace ini bakal menghasilkan 1,2 juta ton hot metal per tahun. “Penggunaan hot metal akan mengurangi biaya produksi di steel making, utamanya dengan menurunkan konsumsi listrik di proses steel making (EAF) karena bahan baku hot metal dimasukkan dalam bentuk cair pada temperatur tinggi. Selain itu adanya hot metal dalam proses peleburan dapat menurunkan konsumsi elektroda”, terangnya.

Pembangunan blast furnace juga akan membuat keseimbangan kapasitas hulu (iron & steel making) dengan hilir (rolling mill) sehingga mengurangi ketergantungan pada slab impor. Sementara dalam hal melakukan ekspansi kapasitas di hilir, Krakatau Steel juga sedang membangun pabrik hot strip mill #2 yang akan beroperasi pada 2019 mendatang. Dengan adanya pabrik ini akan didapatkan tambahan kapasitas sebesar 1,5 juta ton baja lembaran panas atau HRC.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×