kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45991,60   -2,56   -0.26%
  • EMAS1.135.000 -0,09%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tarif LRT Jabodebek Sudah Ditetapkan, Ini Besarannya


Sabtu, 08 Juli 2023 / 12:00 WIB
Tarif LRT Jabodebek Sudah Ditetapkan, Ini Besarannya


Sumber: Kompas.com | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menetapkan besaran tarif LRT Jabodebek. Namun belum diresmikan melalui keputusan menteri (kepmen) perhubungan. 

Juru bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati mengatakan, besaran tarif LRT Jabodebek yang akan ditetapkan dalam kepmen sebesar Rp 5.000 untuk kilometer pertama dan Rp 700 untuk per kilometer selanjutnya. 
"Rp 5.000 untuk kilometer pertama, Rp 700 per km selanjutnya. Ya ini perhitungan yang dituangkan di kepmen," ungkap Adita kepada Kompas.com, Jumat (8/7). 

Dengan demikian diperkirakan tarif LRT Jabodebek untuk jarak terjauh sebesar Rp 20.000-Rp 25.000 tergantung jarak akhirnya. Sebab, rute LRT Jabodebek memiliki tujuan akhir berbeda, yaitu Stasiun Harjamukti, Cibubur dan Stasiun Jati Mulya, Bekasi. 

"Ya kira-kira seperti itu, kan tergantung jaraknya," kata dia. 

Baca Juga: Tanpa Masinis, LRT Jabodebek Beroperasi dengan Tekonologi Grade of Automtion

Dia menjelaskan, meski besaran tarif sudah ditetapkan, pihaknya masih harus memfinalisasi keputusan ini melalui kepmen perhubungan. 

Setelah kepmen perhubungan terbit, barulah besaran tarif LRT Jabodebek bakal disosialisasikan ke publik. Namun Adita enggan mengungkapkan kapan kepmen perhubungan ini terbit. 
"Pentarifan masih dalam finalisasi aspek hukumnya. Angkanya sudah ditetapkan, sekarang tinggal masalah administrasinya," ujarnya. 

Penentuan tarif LRT Jabodebek sangat dinanti oleh masyarakat yang akan menggunakannya. Pasalnya, pada 18 Agustus mendatang moda transportasi ini akan dioperasikan secara penuh. 

Seharusnya petetapan tarif LRT Jabodebek ini sudah diumumkan tiga bulan sebelum tanggal operasional komersil sebagaimana yang diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 28 Tahun 2012 tentang Pedoman Perhitungan dan Penetapan Tarif Angkutan Orang dengan Kereta Api. 

Pada Pasal 3 Ayat 2 Permen Perhubungan itu disebutkan, tarif angkutan orang dengan kereta api harus diumumkan tiga bulan sebelum diberlakukan. 

Baca Juga: Uji Coba LRT Jabodetabek, Pemda Diminta Siapkan Angkutan Penghubung ke LRT

Sebelumnya, Adita menyebut tarif LRT Jabodebek akan diberikan subsidi tarif (public service obligation/PSO). Adapun besaran PSO yang akan diberikan untuk tarif LRT Jabodebek jarak terjauh sebesar 40%. 

"Untuk jarak terjauh komponen subsidi sekitar 40%," kata Adita kepada Kompas.com, Selasa (16/5/2023). 

Pemberian PSO ini bertujuan agar tarif LRT Jabodebek terjangkau untuk seluruh lapisan masyarakat.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com berjudul: "Tarif LRT Jabodebek Sudah Ditetapkan, Segini Besarannya"

Penulis : Isna Rifka Sri Rahayu
Editor : Aprillia Ika

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM) Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×