kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45987,90   -2,03   -0.21%
  • EMAS1.142.000 0,35%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

TBS Energi Utama dan PLN NP Teken Kontrak Jual Beli Listrik PLTS Terapung Batam


Senin, 12 Februari 2024 / 21:55 WIB
TBS Energi Utama dan PLN NP Teken Kontrak Jual Beli Listrik PLTS Terapung Batam
ILUSTRASI. PT TBS Energi Utama Tbk (TOBA) bersama PT PLN Nusantara Power meneken kontrak perjanjian jual beli listrik (power purchase agreement/PPA) dengan PLN Batam pada 12 Februari 2024.


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Dina Hutauruk

KONTAN.CO.ID - JAKARTA.  PT TBS Energi Utama Tbk (TOBA) bersama PT PLN Nusantara Power (PLN NP) menandatangani kontrak perjanjian jual beli listrik (power purchase agreement/PPA) dengan PLN Batam. 

Lewat kontrak tersebut, TOBA dan PLN NP akan menjual listrik dari PLTS terapung di Waduk Tembesi Batam  ke PLN Batam  selama 25 tahun

Pembangunan PLTS Terapung tersebut merupakan hasil kerjasama antara PLN NP yang sudech dimulai sejak 2021.  PLTS terapung kedua di Indonesia itu akan dapat memiliki kapasitas mencapai 46 megawatt peak (MWp). 

Dicky Yordan, Direktur Utama TBS, mengungkapkan penandatanganan ini merupakan langkah strategis Perseroan untuk berkontribusi pada pembangunan berkelanjutan dan pemanfaatan energi terbarukan di Indonesia, khususnya di Pulau Batam. 

Baca Juga: Pasar PLTS Tahun Ini Masih Stagnan, Produsen Panel Surya Pilih Ekspor

“Listrik yang dihasilkan dari proyek ini akan secara spesifik di suplai untuk mendukung kebutuhan listrik di Batam, menjadikan ini sebagai langkah awal yang strategis dalam kontribusi Perseroan terhadap pengembangan energi terbarukan di Indonesia, khususnya di Pulau Batam.” kata dia dalam keterangan resminya, Senin (12/2).

Menurutnya, proyek tersebut berpotensi menjadi katalis dalam menarik investasi asing ke Pulau Batam dengan menghadirkan opsi suplai listrik melalui energi terbarukan, memperkuat ekonomi lokal dan menjadi solusi infrastruktur energi berkelanjutan di Pulau Batam, yang saat ini memiliki lahan daratan yang terbatas.

Dimas Adi Wibowo, SVP Business Development TBS mengatakan, proyek ini sebagai bukti komitmen TBS dalam mendorong penggunaan energi hijau di kawasan investasi strategis seperti Batam. 

“Kerja sama kami dengan PLN NP tidak hanya meningkatkan penyediaan energi bersih tetapi juga menguatkan kolaborasi diantara perusahaan nasional untuk mendukung investasi dengan bauran energi yang lebih hijau di Batam,” kata Dimas.

Baca Juga: Pelaku Usaha Panas Bumi Sambut Positif Rencana Pemerintah Revisi Target Bauran EBT

Sementara itu, Rully Firmansyah, Direktur Utama PLN Nusantara Power, menambahkan bahwa proyek ini akan memberikan manfaat signifikan bagi masyarakat Batam melalui penyediaan energi bersih dan terjangkau. 

“Kerjasama ini menciptakan sinergi strategis antar pihak, dengan tujuan utama menyediakan sumber energi bersih dan berkelanjutan bagi masyarakat Batam,” ujar Rully.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×