kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,02   -8,28   -0.91%
  • EMAS1.318.000 0,61%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tekanan di industri pariwisata akibat wabah virus corona menjalar ke bisnis hotel


Jumat, 17 April 2020 / 17:29 WIB
Tekanan di industri pariwisata akibat wabah virus corona menjalar ke bisnis hotel
ILUSTRASI. Petugas hotel melayani tamu di Swiss-Belhotel Rainforest, Kuta, Badung, Bali , Kamis (9/4/2020). Sejumlah hotel di Bali menawarkan berbagai program promosi seperti potongan harga untuk menginap harian serta paket menginap mingguan dan bulanan dengan harga


Reporter: Dimas Andi | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) menilai, wabah Corona sangat menekan industri pariwisata di Indonesia. Tak hanya itu, industri perhotelan yang berkaitan dengan pariwisata tentu juga kena getahnya.

Berdasarkan data PHRI, industri pariwisata telah mengalami kehilangan potensi pendapatan dari wisatawan sebesar US$ 4 miliar atau setara Rp 60 triliun sejak Januari sampai April tahun ini akibat pandemi Corona. Pun demikian dengan sektor hotel domestik yang kehilangan potensi penerimaan sekitar Rp 30 triliun.

Baca Juga: PHRI ajukan rekomendasi kepada pemerintah untuk selamatkan bisnis akibat wabah corona

Lebih lanjut, Badan Pusat Statistik mencatat kunjungan wisatawan mancanegara pada Januari-Februari hanya mencapai 2,16 juta orang atau turun 11,8% (yoy). Khusus di Februari, kunjungan wisatawan tersebut bahkan anjlok 28,85% secara tahunan.

Wakil Ketua Umum PHRI Maulana Yusran mengatakan, kegiatan pariwisata pada dasarnya terbagai menjadi dua yakni kunjungan bisnis (business trip) dan rekreasi. Kunjungan bisnis umumnya berperan besar terhadap industri pariwisata secara keseluruhan karena tidak terpengaruh faktor musiman.

Hal ini berbeda dengan kegiatan rekreasi yang lazimnya di Indonesia baru tampak ramai pada saat libur sekolah, libur lebaran, atau libur natal dan tahun baru. Kegiatan kunjungan bisnis juga umumnya ramai dilakukan oleh orang-orang yang tinggal di kota besar, termasuk Jakarta selaku ibukota. Lantas, semenjak pembatasan sosial diberlakukan, aktivitas kunjungan bisnis banyak yang mengalami pembatalan.

“Kalau aktivitas terkait pariwisata di ibu kota berkurang, efeknya akan terasa di kota-kota atau daerah lainnya,” kata Maulana saat dihubungi Kontan.co.id, Jumat (17/4).

Baca Juga: Corona hanguskan puluhan triliuan rupiah industri hotel & restoran




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×