kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.915.000   44.000   2,35%
  • USD/IDR 16.400   -20,00   -0,12%
  • IDX 7.142   47,86   0,67%
  • KOMPAS100 1.041   10,44   1,01%
  • LQ45 812   9,62   1,20%
  • ISSI 224   0,88   0,39%
  • IDX30 424   4,46   1,06%
  • IDXHIDIV20 504   1,88   0,37%
  • IDX80 117   1,34   1,15%
  • IDXV30 119   0,16   0,14%
  • IDXQ30 139   1,43   1,04%

Televisi berbayar genjot jumlah pelanggan naik 50%


Selasa, 17 Januari 2012 / 09:57 WIB
Televisi berbayar genjot jumlah pelanggan naik 50%
ILUSTRASI. Kontan - Astra Life Kilas Finansial Online


Reporter: Arif Wicaksono | Editor: Asnil Amri

JAKARTA. Meningkatnya pendapatan penduduk di Indonesia memberi efek positif bagi perkembangan bisnis televisi berbayar (pay TV). Tahun ini, jumlah pelanggan total pay TV diperkirakan akan mencapai 3 juta pelanggan atau tumbuh sekitar 50% dari estimasi total pelanggan tahun 2011 sebesar 1,8 juta-2 juta pelanggan.

Elvizar Direktur Utama PT Indonusa Telemedia (Telkomvision) menuturkan, gaya hidup masyarakat saat ini sudah mulai berubah ke arah kualitas tayangan, konten maupun perangkatnya. Ini pula yang membuat prospek bisnis ini cerah. "Ini juga ditandai dengan penjualan TV LCD atau LED yang mencapai 200.000 unit per bulan,” katanya, Senin (16/1).

Makanya, Telkomvision berani menargetkan pertumbuhan pelanggan tahun ini naik 150% mencapai 2,5 juta. Tahun lalu, jumlah pelanggan Telkomvision mencapai 1 juta pelanggan. “Kami yakin mampu memenuhi target ini bahkan ada kemungkinan bisa melampauinya,” ujarnya.

Untuk mengejar target pelanggan, Telkomvision akan menambah sekitar 30 kanal baru tahun ini. Alhasil, total kanal Telkomvision akan mencapai 100 kanal tahun ini. Dari jumlah tersebut, kata Elvizar, porsi konten asing sekitar 80% dan konten lokal 20%. Porsi konten asing turun 10% dari tahun lalu yang mencapai 90%.

Adapun PT Media Nusantara Citra (MNC) Tbk, pemilik Indovision juga optimistis menargetkan kenaikan pelanggannya hingga 44% tahun ini. Bila tahun 2011, pelanggan Indovision diperkirakan 1,25 juta, tahun ini akan meningkat menjadi 1,8 juta pelanggan.

Arya Mahendra Sinulungga, Corporate Secretary MNC Citra bilang, perusahannya membidik pelanggan baru di luar Jabodetabek lantaran tahun lalu ada indikasi pertumbuhan jumlah pelanggan yang besar dari wilayah tersebut.

Menurutnya, prospek TV berbayar cukup bagus. "Masyarakat kini suka memilih tayangan spesifik, untuk kebutuhan anak, musik, dewasa," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
AYDA dan Penerapannya, Ketika Debitor Dinyatakan Pailit berdasarkan UU. Kepailitan No.37/2004 Digital Marketing for Business Growth 2025 : Menguasai AI dan Automation dalam Digital Marketing

[X]
×