Reporter: Dian Pitaloka Saraswati |
JAKARTA. Masih ingat Plasa.com? Portal komunitas, hiburan dan gaya hidup yang kini menjelma menjadi portal online shopping dikembangkan PT Telkom tbk lewat perusahaan barunya Mojopia.
Mojopia yang diluncurkan hari ini, merupakan perusahaan yang khusus mengembangkan bisnis e-commerce, content dan communication. CEO Mojopia, Shinta Dhanuwardoyo ingin merangkul UKM untuk bisa mengembangkan bisnisnya. "Pada 2010 ada 1 juta barang dan 1000 merchant bergabung disini,"kata Shinta.
Selama ini memang perkembangan online shopping naik, namun masih ada kendala. Antara lain, kepercayaan, penyalahgunaan kartu kredit, pengiriman barang, kualitas barang dan spesifikasi barang yang ditampilkan.
"Kami coba bangun kepercayaan dengan nama besar Telkom, selain platform online kami juga beri edukasi dan workshop mereka," kata Shinta.
Dengan investasi sebesar US$ 2 juta, Presdir Telkom, Reynaldi Firmansyah berharap Telkom dan Mojopia bisa menjadi motor UKM untuk berkembang. "Perlu sebuah ekosistem, dengan e commerce, content agregator dan commercial yang diwadahi dalam bentuk portal," kata Reynaldi.
Ia belum mau menargetkan transaksi yang terjadi. Sebab, Telkom berinvestasi jangka panjang. Yang penting, trafiknya baik dan merchant yang tergabung juga baik.
Plasa.com versi terbaru sudah mulai diakses saat ini. Pendaftaran UKM bisa dilakukan via online. Mojopia, belum memberikan beban biaya untuk UKM yang tergabung karena masih dalam proses pengembangan.
Nantinya, transaksi minimal Rp 5-10 juta baru akan dikenai charge dibawah 5% dari nilai transaksi. Pihak Mojopia menargetkan waktu 3 tahun untuk bisa balik modal.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News