kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Telkom gandeng Alfamart perkuat layanan remitansi


Senin, 29 September 2014 / 18:01 WIB
Telkom gandeng Alfamart perkuat layanan remitansi
ILUSTRASI. Dirut Perum Bulog Budi Waseso mengaku sudah melakukan kontrak dengan empat negara terkait rencana impor beras


Reporter: Merlinda Riska | Editor: Sanny Cicilia

JAKARTA. PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) menggandeng PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart) untuk memperkuat bisnis pengiriman uang (remitansi) dari luar negeri. Dengan layanan ini, masyarakat yang menerima uang lewat Delima Telkomsel bisa mengambil atau mencairkannya di Alfamart.

Tak hanya itu, Telkom juga menandatangani perjanjian kerjasama Multibiller Host to Host dengan PT. Sumber Alfaria Trijaya.Tbk (Alfamart), PT Midi Utama Indonesia Tbk (Alfamidi, Alfaexpress, Lawson) serta PT Sumber Indah Lestari (DAN+DAN). 

"Telkom tertarik menjalin kerjasama ini karena Telkom berkeinginan untuk ikut berperan dalam meningkatkan kemudahan pembayaran tagihan Multibiller dan menambah kerjasama dengan Alfamart untuk memberikan tambahan pelayanan pada masyarakat melalui layanan pengiriman uang atau remitansi," ujar Direktur Enterprise & Business Services Muhammad Awaluddin dalam keterangannya, Senin (29/9).

Dengan penandatangan kerja sama ini maka pembayaran tagihan multibiller yang meliputi Jasa Telekomunikasi (Telepon, speedy, Transvision, FinPay dan Kartu Halo Telkomsel) dan layanan non jasa telekomunikasi sudah bisa dilakukan di seluruh gerai Alfamart, Alfamidi dan DAN+DAN secara langsung dan realtime melalui interface Point of Sales (POS) yang terhubung secara host to host ke jaringan server PT Finnet  Indonesia (anak perusahaan Telkom yang bergerak dalam solusi pembayaran elektronik).

Layanan Delima remittance adalah layanan pengiriman uang domestik dan internasional. Kemudahan layanan ini adalah pengirim maupun penerima tidak harus memiliki rekening di bank. Ke depannya, masyarakat dapat melakukan pengiriman maupun penarikan kiriman uang Delima melalui ribuan gerai Alfamart yang berada di seluruh Indonesia, setelah Alfamart mengantongi izin operasional kerjasama dari Bank Indonesia.

"Telkom sangat selektif dalam pemilihan kerjasama ritel karena harus betul-betul pas untuk kepentingan masyarakat. Jadi, tidak sembarang ritel. Alfamart adalah perusahaan ritel yang memiliki layanan tersebar hingga ke pelosok, sehingga cocok untuk diajak tambahan kerjasama layanan Delima Remittance," lanjut Awaluddin.

Alfamart merupakan jaringan ritel terluas di Indonesia dengan jumlah Gerai sebanyak 9.187 per September 2014, Rata-rata pertumbuhan gerai dalam 5 tahun terakhir sebesar 20%. Setiap tahun, manajemen Alfamart memiliki target untuk membuka sekitar 1000 gerai baru guna menjaga momentum pertumbuhan dan mencapai efisiensi operasional yang optimum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×