kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Telkom perkenalkan aplikasi Logtan yang bisa untuk pengajuan KUR


Senin, 09 Juli 2018 / 21:49 WIB
Telkom perkenalkan aplikasi Logtan yang bisa untuk pengajuan KUR
ILUSTRASI. David Bangun-Direktur Digital & Strategic Portfolio Telkom


Reporter: Krisantus de Rosari Binsasi | Editor: Markus Sumartomjon

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Untuk memajukan para  petani, PT Telkom Indonesia memperkenalkan aplikasi digital pertanian yang disebut Logistik Tani (Logtan).

Direktur Digital & Strategic Portfolio Telkom, David Bangun mengatakan keberadaan Logtan untuk memastikan keterpaduan, validitas, dan akurasi berbagai data pertanian dalam digitalisasi pertanian.

"Dengan Logtan, dapat dilakukan pendataan petani, lahan, dan aktivitas pertanian lainnya yang dapat digunakan dalam pemrosesan layanan pertanian," katanya di Kementerian BUMN, Senin (9/7).

Dengan aplikasi itu, para petani diklaim bisa mengajukan Kredit Usaha Rakyat (KUR), Asuransi Usaha Tani Padi, penyerapan beras, serta pembelian sarana produksi pertanian, seperti bibit, pupuk, dan lainnya.

Hal ini terjadi lantaran informasi yang ada di Logtan sudah divalidasi langsung ke lapangan dan dilengkapi dengan dokumen pendukung. Seperti foto petani, foto lahan, dokumen KTP, dan dokumen Kartu Keluarga. Kini petugas Telkom tengah mendatangi para petani untuk mengumpulkan data tersebut.

Segera setelah data di aplikasi itu lengkap, para petani tinggal melakukan pengajuan via ponsel. "Saat ini lebih banyak dibantu petugasnya. Mereka mendatangi petani untuk membantu petani yang berminat mengajukannya," ujarnya.

David mengatakan digitalisasi pertanian, bukan hanya ditunjang aplikasi Logtan. Keberadaan Mitra BUMDes Bersama pun cukup strategis dalam mewujudkan kesejahteraan petani. Sebab, Mitra BUMDes bertugas membangun Sentra Pengolahan Beras Terpadu (SPBT) yang memiliki mesin pengering dan penggiling gabah untuk digunakan para petani, sehingga petani dapat menjual hasil panennya dalam bentuk beras.

David menambahkan, digitalisasi sistem pertanian akan membuat pengelolaan bisnis yang modern dalam kewirausahaan pertanian, termasuk pemanfaatan perangkat ERP (Enterprise Resource Planning) dan POS (Point of Sales) oleh petani.

"Dengan skala penyerapan yang memadai, Mitra BUMDes dapat melakukan akses pasar dan memberikan harga yang lebih menguntungkan bagi petani. Terlebih, keuntungan penjualan langsung dirasakan petani,” ujarnya.

Layanan itu akan diuji coba di sembilan kabupaten di Jawa Barat, yaitu Indramayu, Karawang, Purwakarta, Majalengka, Sumedang, Cianjur, Garut, Ciamis, dan Tasikmalaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×