kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45921,46   1,15   0.12%
  • EMAS1.343.000 -0,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Telkom (TLKM) Sediakan Akses Internet di Wilayah Terpencil Papua Pegunungan


Jumat, 15 September 2023 / 07:21 WIB
Telkom (TLKM) Sediakan Akses Internet di Wilayah Terpencil Papua Pegunungan
ILUSTRASI. Sebagai salah satu layanan dari Telkomsat, VSAT Star telah dipercaya untuk memenuhi kebutuhan telekomunikasi di Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Papua Pegunungan.


Reporter: Vina Elvira | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM) melalui anak usahanya, Telkomsat yang berfokus pada bisnis satelit telah dipercaya untuk memenuhi kebutuhan telekomunikasi di Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Papua Pegunungan melalui layanan VSAT Star.

VSAT Star adalah layanan komunikasi yang berbasis konstelasi satelit orbit rendah (Low Earth Orbit) Starlink untuk menghubungkan jaringan akses (access network) dengan jaringan utama (core network).

Layanan ini memiliki kecepatan data hingga 200 Mbps per titik, yang menjadikannya solusi ideal untuk mengatasi tantangan konektivitas di daerah terpencil seperti Papua Pegunungan.

Baca Juga: Telkomsat Perkuat Konektivitas Digital di Papua Pegunungan melalui Layanan VSAT Star

Direktur Utama Telkomsat, Lukman Hakim Abd. Rauf menyatakan bahwa VSAT Star merupakan wujud komitmen TelkomGroup untuk mengurangi kesenjangan digital di daerah tersebut.  

Saat ini Telkomsat merupakan satu-satunya operator telekomunikasi di Indonesia yang memiliki Hak Labuh Satelit Non Geostationer (NGSO) Starlink khusus untuk layanan backhaul.

"Kami senantiasa memaksimalkan dan mengoptimalkan pemanfaatan hak  labuh Starlink yang diberikan kepada Telkomsat sebagai bagian dari TelkomGroup, untuk mendukung program pemerintah dalam hal pemerataan digital di Indonesia,” ungkap Lukman, dalam siaran pers, Kamis (14/9).

Telkomsat berkomitmen untuk terus mendukung perkembangan teknologi dan komunikasi di seluruh Indonesia, dengan fokus khusus pada daerah-daerah terpencil seperti Papua Pegunungan.

Untuk menjembatani kesenjangan infrastruktur backhaul di Indonesia, Telkomsat memanfaatkan konektivitas berbasis Starlink dan melakukan kerja sama dengan operator-operator dalam negeri.

“Melalui langkah ini, Telkomsat berharap dapat mengurangi kesenjangan digital dan mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah 3T, sejalan dengan visi Pemerintah Republik Indonesia untuk memajukan sektor ICT di seluruh negeri,” tuturnya.

Baca Juga: Mengintip Cuan dari Kerjasama Anak Usaha Telkom Indonesia (TLKM) dengan Starlink

Kepala Dinas Kominfo Papua Pegunungan, Kalvin Billin menambahkan, Pemerintah Provinsi Papua Pegunungan ingin menyampaikan apresiasi mendalam kepada layanan VSAT Star yang disediakan oleh Telkomsat.

Dengan adanya VSAT Star, Kantor Dinas Kominfo Papua Pegunungan sekarang dapat mengakses internet dengan kecepatan dan kualitas yang memadai, meningkatkan efisiensi dalam menjalankan tugas-tugasnya.

“Sebelum kehadiran layanan ini, kami mengalami kekurangan fasilitas jaringan yang khusus untuk melayani kantor, dan terpaksa meminjam layanan akses internet dari Pemerintah Kabupaten. Oleh karena itu, kami sangat berterima kasih atas kehadiran VSAT Star yang telah memenuhi kebutuhan vital (terhadap akses internet) ini,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×