kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Telkomsel kembangkan Smart City di Bekasi


Rabu, 30 November 2016 / 22:23 WIB
Telkomsel kembangkan Smart City di Bekasi


Reporter: Pamela Sarnia | Editor: Sanny Cicilia

JAKARTA. PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel) mengembangkan konsep Smart City bagi Bekasi, Jawa Barat. Pengembangan yang dilakukan bersama dengan bekerjasama dengan LAPI (Lembaga Afiliasi Penelitian dan Industri) Institut Teknologi Bandung (ITB) ini meliputi proses kajian, pengembangan, dan implementasi dalam rangka mendorong terwujudnya konsep ideal Smart City di kota-kota di Indonesia.

"Implementasi Smart City di Indonesia merupakan dukungan kami terhadap pemerintah kota dalam meningkatkan kinerja sehingga dapat memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat," ujar Ivan C Permana, President Technology & System Telkomsel dalam keterangan resminya kepada KONTAN, Rabu (30/11).

Platform Smart City merupakan sumber informasi bagi pemerintah dalam melakukan pengambilan keputusan yang cepat dan tepat berdasarkan informasi real time yang dikirimkan oleh sensor-sensor yang terhubung dalam sistem terintegrasi.

Sementara Patriot Operation Center merupakan ruang kontrol bagi pemerintah kota dalam memantau dan mendapatkan informasi tertintegrasi seputar kota Bekasi secara real time.

"Telkomsel berperan dalam membangun konektivitas sebagai medium komunikasi dan informasi dalam sistem tersebut. Dengan adanya kerjasama Telkomsel dengan LAPI ITB, diharapkan platform Smart City dapat diimplementasikan melalui pengembangan bisnis digital, penerapan teknologi machine to machine, dan supporting system untuk big data solution,” jelas Ivan.

Instalasi software dan hardware dilakukan dalam bentuk pemasangan sensor pencemaran udara, sistem sensor pencemaran sungai, CCTV, GPS tracking, serta sensor pendapatan daerah atas pajak daerah (MPOS) ke semua perangkat yang terintegrasi dengan Patriot Operation Center.

Sementara itu, aplikasi Sorot merupakan media berbasis teknologi terintegrasi yang memfasilitasi pelaporan dari masyarakat kepada Pemerintah Kota Bekasi tentang kondisi sosial dan lingkungan Kota Bekasi, di mana laporan dari masyarakat dapat segera ditindaklanjuti dan disolusikan oleh Pemerintah Kota Bekasi.

Bekasi menjadi kota kedua diimplementasikannya platform Smart City oleh Telkomsel dan LAPI ITB. Tahun lalu, platform serupa juga telah diterapkan di Bogor, Jawa Barat. Ke depannya platform Smart City juga akan diterapkan di berbagai kota di Indonesia.

Bogor dan Bekasi dipilih sebagai pilot project Smart City dipilih sebagai karena pertama, pemerintah dan masyarakatnya sudah siap menjalankan Smart City. Kedua, Bogor dan Bekasi merupakan penyangga utama Jakarta yang merupakan ibu kota negara.

Untuk menunjang terwujudnya Smart City Bekasi, Telkomsel telah menggelar jaringan mobile broadband berkualitas. Sebanyak 332 BTS 4G (eNode B) telah dibangun di Bekasi untuk melayani kebutuhan digital lifestyle masyarakat Bekasi.


 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×