kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45949,77   2,75   0.29%
  • EMAS930.000 -0,85%
  • RD.SAHAM 0.64%
  • RD.CAMPURAN 0.16%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Telkomsel resmi meluncurkan layanan jaringan internet 5G pertama di Indonesia


Kamis, 27 Mei 2021 / 20:06 WIB
Telkomsel resmi meluncurkan layanan jaringan internet 5G pertama di Indonesia
ILUSTRASI. Telkomsel

Reporter: Muhammad Julian | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indonesia memasuki babak baru perkembangan telekomunikasi. Pada Kamis (27/5) ini, Telkomsel resmi meluncurkan layanan jaringan internet 5G pertama di Indonesia.

Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro mengatakan, Telkomsel berkomitmen untuk secara  bertahap menjadi operator terdepan yang mengimplementasikan layanan 5G bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia.

Harapannya, kehadiran layanan 5G ini bisa meningkatkan adopsi teknologi digital kehidupan masyarakat baik pada menumbuhkan talenta-talenta digitalpreneur di Indonesia.

“Tujuan kami adalah agar adopsi teknologi digital dalam kehidupan masyarakat baik di B2C maupun B2B dapat semakin meningkat, yang ujungnya diharapkan adalah competitiveness dari bangsa Indonesia ini di dunia digital semakin baik,” kata Setyanto dalam acara peluncuran layanan 5G yang disiarkan secara virtual, Kamis (27/5).

Seperti diketahui, sebelumnya Telkomsel menerima Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) 5G dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo RI) pada 24 Mei 2021 lalu. Dengan peluncuran yang digelar, Telkomsel menjadi operator seluler pertama yang menggelar jaringan 5G di Indonesia.

Baca Juga: Dimulainya komersialisasi 5G oleh Telkomsel, diharapkan bisa menggerakkan ekonomi

Pada tahap pertama komersialisasi 5G ini, layanan Telkomsel 5G sudah tersedia di beberapa titik di sebanyak 26 klaster yang tersebar di 9 kota besar, yaitu Medan, Batam, Jakarta, Bandung, Surakarta, Surabaya, Denpasar, Balikpapan, dan Makassar.

Beberapa wilayah yang dijangkau di antaranya mencakup wilayah Telkomsel Smart Office (Jakarta), di beberapa titik tertentu di enam area residensial di DKI Jakarta (Kelapa Gading Jakarta, Pondok Indah, Pantai Indah Kapuk, Bumi Serpong Damai, Widya Chandra, dan Alam Sutera), GraPARI Bandara Soekarno Hatta, GraPARI Pemuda Surabaya, GraPARI Pettarani Makassar, GraPARI Renon Bali, GraPARI Batam Center, GraPARI Telkom Group Medan, GraPARI Solo, Kantor Balai Kota Solo, GraPARI Balikpapan, Telkom University (Bandung) dan Institut Teknologi Bandung.

Direktur Marketing Telkomsel, Rachel Goh menjelaskan, Telkomsel akan mempelajari umpan balik dari pelanggan di masa tahap pertama komersialisasi 5G. Dengan cara itu, Telkomsel berharap bisa terus meningkatkan layanan serta menghadirkan layanan 5G yang lebih baik lagi pada ekspansi perluasan jangkauan layanan 5G berikutnya.

“Kami akan menjalin komunikasi dengan pihak pelanggan untuk meminta umpan balik, menanyakan pandangan mereka soal layanan 5G kami, serta bagaimana kami bisa membuat layanan kami menjadi lebih baik,” terang Rachel.

Dalam sambutan virtualnya, Menteri BUMN, Erick Thohir mengatakan, kehadiran layanan 5G di Indonesia akan menjadi ‘game changer’  transformasi digital dan teknologi, serta menjadi kunci daya saing usaha Indonesia. 

“(Layanan 5G) menginspirasi lebih banyak inovasi (untuk) membangun ekosistem dan ekonomi digital yang berkelanjutan, mulai dari smart city, kendaraan ramah lingkungan, hingga teknologi yang melahirkan unicorn dan decacorn baru,” tutur Erick.

Hadir di acara yang sama, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate memastikan bahwa gelaran layanan jaringan 5G akan berjalan secara simultan dengan pengoperasian layanan 4G. “Deployment 5G secara merata ke seluruh wilayah tanah air akan menjadi tonggak-tonggak penting infrastruktur telekomunikasi nasional kita,” tambah dia.

Selanjutnya: Telkomsel menjadi operator seluler pertama yang menggelar jaringan 5G di Indonesia

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Kiat Penyusunan Business Plan yang efektif Strategic B2B Selling in Challenging Time

[X]
×