kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Telkomsel, XL Axiata dan Indosat Ooredoo kompak menyerbu daerah terpencil


Sabtu, 09 Oktober 2021 / 07:05 WIB
Telkomsel, XL Axiata dan Indosat Ooredoo kompak menyerbu daerah terpencil


Reporter: Ahmad Febrian | Editor: Ahmad Febrian

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tiga operator telekomunikasi di Indonesia kompak memperluas jaringan ke daerah terpencil. Telkomsel  bersama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menggelar infrastruktur BTS universal service obligation (USO) 4G/LTE.

Pergelaran di 7.772 titik desa di wilayah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T). WIlayah itu belum mendapatkan akses jaringan telekomunikasi broadband.

Direktur Utama Telkomsel, Hendri Mulya Syam mengatakan, komitmen ini akan diwujudkan melalui langkah konkret Telkomsel. Yakni menjalankan perann sebagai connectivity enabler.

"Telkomsel terus menghadirkan pemerataan akses jaringan broadband di Indonesia. Memastikan setiap masyarakat, baik di wilayah perkotaan, pedesaan, hingga wilayah 3T dapat membuka lebih banyak kesempatan terus terhubung dan memaksimalkan berbagai aktivitas digital yang dibutuhkan," terang Hendri, dalam rilis yang diterima Kontan.co.id, Kamis (7/10). 

Hingga semester dua 2021 lalu, Telkomsel bersama BAKTI telah menggelar 1.158 BTS USO. Seluruhnya terhubung teknologi jaringan broadband 4G/LTE.

XL Axiata juga menjadi salah satu operator mitra kerja sama pemerintah dalam penyediaan layanan seluler 4G di wilayah 3T. Direktur Teknologi & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan, total ada 132 titik desa kategori 3T di tujuh provinsi yang akan dikelola melalui program USO ini. Semua titik tersebut berada di area yang benar-benar terpencil.

Hampir semuanya di perbatasan wilayah dengan negara tetangga atau perairan internasional. "Ini tidak hanya bicara tentang bisnis. Juga menyangkut bagaimana kami terpanggil untuk turut memperkuat kedaulatan wilayah Republik Indonesia,” kata Gede, Selasa (5/10).

Indosat Ooredoo tak mau kalah. Melanjutkan perluasan jangkauan jaringannya. Yakni memperluas layanan 4G/LTE di 124 desa terpencil.

Penggelaran jaringan tersebut bagian dari komitmen mendukung program pemerintah memenuhi cakupan 4G di seluruh Indonesia. Dan menggelar layanan 4G/LTE di 645 desa terpencil pada tahun 2022.

Indosat Ooredoo meluncurkan salah satu site 4G/LTE baru di Desa Ondo-Ondolu, Kecamatan Batui, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah. Kabupaten Banggai terkenal dengan sektor wisata bahar. Dan salah satu permata tersembunyi pariwisata di Indonesia Timur dengan banyak pantai yang mempesona dan pulau-pulau eksotis.

Direktur & Chief Strategy and Innovation Officer Indosat Ooredoo, Arief Musta’in mengatakan, penambahan site baru 4G/LTE telah dilakukan sejak Agustus lalu. Dan akan terus menjangkau 645 desa terpencil hingga akhir tahun 2022.

“Melalui perluasan jaringan berkualitas video, yang diperkuat dengan berbagai produk dan layanan yang simpel, transparan, relevan, dan bebas khawatir, kami berharap dapat memberikan manfaat optimal bagi masyarakat pedesaan secara berkelanjutan,” kata Arief..

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×